TNI AL Terima 2 Kapal KAL 28 M dari PT Steadfast Marine

KAL Anyer dan KAL RajegwesiPT Steadfast

AIRSPACE REVIEW (angkasareview.com) – TNI Angkatan Laut telah menerima dua unit Kapal Angkatan Laut (KAL) 28 M dari PT Steadfast Marine Tbk. Penyerahan KAL Anyer bernomor lambung I-3-64 dan KAL Rajegwesi dengan nomor lambung II-5-40 ini dilaksanakan di Dermaga Jeruju, Lantamal XII Pontianak, Kalimantan Barat, Senin (16/12/2019).

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji mengatakan, pembuatan kapal oleh industri pertahanan nasional selain untuk mendorong roda perekonomian dalam negeri, juga memperkokoh kemandirian industri pertahanan Indonesia di masa mendatang.

Kedua kapal tersebut, ujar KSAL, akan dioperasikan sebagai kapal patroli guna melaksanakan fungsi dan tugas patroli keamanan laut terbatas wilayah yurisdiksi nasional Indonesia, khususnya untuk mengamankan perairan pedalaman dan pelabuhan.

Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) dalam rilis berita yang diterima Airspace Review menyatakan, TNI AL pada 2019 telah melakukan kontrak dengan galangan kapal PT Steadfast Marine Tbk untuk pengadaan dua unit KAL 28 Meter lengkap dengan persenjataannya.

Kedua unit KAL 28 M ini memiliki panjang 28,98 m, lebar 6,20 m, dan bobot 90 ton. Kapal menggunakan mesin diesel generator 2 Perkins PDM 63 dan diesel generator darurat 1 Perkins PDM TGM 422.

Kapal dapat melaju dengan kecepatan jelajah 18 knot dan kecepatan maksimal 28 knot. KAL 28 M yang diawaki 15 personel ini mampu berlayar selama tiga hari tanpa bekal ulang.

Kapal ini juga dilengkapi persenjataan berupa Senapan Mesin Berat (SMB) kaliber 20 mm dan kaliber 12,7 mm.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *