Bulan Depan, AU AS Mulai Padukan Transfer Data dari F-35 ke F-22

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Mulai bulan depan Angkatan Udara Amerika Serikat (AU AS/USAF) akan mencoba memadukan transfer data dari jet siluman F-35 Lightning II ke F-22 Raptor.

Selama ini, transfer data dari F-22 dapat diterima oleh perangkat Multifunction Advanced Data Link (MADL) yang ada di F-35 menggunakan sistem jaringan Link 16.

Namun sebaliknya, F-35 tidak bisa mengirim data ke F-22 karena sistem yang digunakan di F-22 yaitu Intra-Flight Data Link (IFDL) teknologinya lebih tua.

Raptor hanya bisa berbagi data dengan sesama Raptor atau menerima data dari pesawat non-siluman menggunakan sistem data Link 16.

F-22 and Blue Angels
US Navy

Komunikasi sistem data berbeda yang digunakan pada kedua pesawat ini, menjadi tantangan tersendiri dalam rangkaian uji coba yang akan mulai dilaksanakan.

Proyek tersebut dimotori oleh Komando Pertahanan Ruang Angkasa Amerika Utara dan Komando Wilayah Utara Amerika Serikat.

Uji transfer data dari F-35 ke F-22 tidak dilakukan secara langsung dari pesawat satu ke pesawat yang lain. Melainkan, menggunakan ‘pihak ketiga’ yaitu sebuah robot udara (drone) bernama Skyborg.

F-35 and F-22
USAF

Skyborg akan bertindak selaku wingman dan ‘penerjemah’ dari bahasa yang digunakan oleh F-35 agar dapat dipahami oleh F-22.

Jika percobaan ini berhasil, maka sistem bagi jaringan data bernama GatewayOne ini dan diintegrasikan ke dalam drone Kratos XQ-58 Valkyrie.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *