Jamuan Makan Siang Presiden Perancis di Pesawat A350 yang Masih Dirakit di Pabrik

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Tidak ada yang membayangkan sebelumnya bila jamuan makan siang Presiden Perancis Emmanuel Macron atas Kanselir Jerman Angela Merkel bakal dilakukan di sebuah pesawat yang masih dirakit di pabriknya.

Ya, jamuan makan itu dilakukan di kabin bagian depan A350 XWB yang masih dirakit di fasilitas Airbus, Toulouse, Perancis pada Rabu, 16 Oktober.

Sebelum sampai di meja makan yang telah ditata, kedua pemimpin negara Eropa melakukan tur keliling pabrik Airbus Toulouse untuk melihat kegiatan produksi pesawat.

Merkel-Macron-Airbus-toulouse
Airbus

Keduanya berbincang dengan para pegawai Airbus dari Perancis dan Jerman.

Sementara saat jamuan makan siang, kedua pemimpin didampingi beberapa siswa sekolah menengah atas peraih program Airbus Campus dan siswa magang di Airbus.

Macron_Merkel_Airbus
AP

Dikutip dari Bloomberg, pertemuan kedua pemimpin di Airbus Toulouse adalah untuk memperkuat hubungan kedua negara dalam korporasi Airbus menghadapi fenomena perang dagang yang dilakukan Amerika Serikat belakangan ini.

Usai pertemuan dengan Merkel, Macron menyampaikan cuitan di akun twitternya.

Macron_Merkel_A350_Lunch
AP

“Saya memang menginginkan pertemuan dengan Merkel di fasilitas Airbus untuk mempertahankan kerja sama industrial. Dengan para perempuan dan laki-laki yang bekerja di Airbus, kami telah perlihatkan kemampuan kami untuk mencapai kesuksesan bersama,” tulis Macron.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *