Rombak Kabin A380, Qantas Tawarkan Penerbangan Lebih Nyaman dengan Superjumbo

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Maskapai negara Australia, Qantas (IATA: QF, ICAO: QFA) telah merombak kabin pesawat A380 mereka guna menawarkan penerbangan yang lebih nyaman dengan sang superjumbo.

Perombakan atau peremajaan kabin A380 telah dilaksanakan pada pesawat pertama dari 12 A380 dengan menelan biaya jutaan dolar.

Perombakan yang dilakukan antara lain penambahan kursi baru di kelas Bisnis dan di kelas Premium Ekonomi, pengaturan kursi di kelas Utama dan kelas Ekonomi, serta perubahan desain di bagian on-board lounge.

Pengaturan ruang yang lebih efisien, kata Qantas dalam siaran pers yang dilayangkan kepada Airspace Review, memungkinkan adanya penambahan seluruh kelas Ekonomi Premium di dek atas (yang saat ini difungsikan untuk Kelas Bisnis dan kelas Premium Ekonomi) serta perluasan on-board lounge.

Qantas-A380-on-board-lounge-2
Qantas

Dengan perombakan baru, terdapat pengurangan 30 kursi di kelas Ekonomi dan peningkatan kapasitas kelas Ekonomi Premium sebesar 27 persen.

Selain itu, masih banyak fitur-fitur lain yang ditawarkan pada A380 hasil peremajaan kabin ini. Seperti peluncuran Business Suite menggantikan Skybeds dengan konfigurasi 1:2:1 serta peningkatan kualitas in-flight entertainment di kelas Ekonomi.

Qantas-A380-Business-Suites
Qantas Business Suite

Pesawat A380 pertama hasil pembaruan, yaitu VH-OQK, akan beroperasi dengan nomor penerbangan QF2 melayani rute London ke Sydney melalui Singapura mulai 2 Oktober.

CEO Qantas Group Alan Joyce mengatakan, pembaruan armada A380 yang telah lama dioperasikan ini, menjadikan pesawat ini sebagai salah satu pesawat terpopuler bagi  pelanggan.

First Suites
Qantas First Suite

“Pesawat A380 telah menjadi bagian penting dari armada penerbangan jarak jauh kami. Program peremajaan ini akan memastikan pelanggan kami tetap dapat menikmati semua yang ditawarkan pesawat ini ke depannya,” kata Joyce. 

Dua A380 Qantas dijadwalkan akan menjalani peremajaan sebelum akhir 2019. Tiap pesawat membutuhkan waktu dua bulan untuk proses perombakan kabin.

A380_VH-OQK_Marcus_Graff_4
Marcus Graff

Pesawat A380 Qantas hasil peremajaan, akan memiliki kapasitas 14 First Suite (tidak berubah), 70 Business Suite (bertambah enam suite), 60 kursi kelas Premium Ekonomi (bertambah 25 kursi), dan 341 kursi kelas Ekonomi (berkurang sebanyak 30 kursi).

Total penumpang yang dapat diangkut A380 Qantas menjadi 485 orang (bertambah satu orang dari versi kabin lama).

Dijadwalkan, peremajaan 11 A380 Qantas akan selesai pada akhir tahun depan.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *