Wujud Penuh KF-X Akan Diperlihatkan di Pameran Seoul ADEX 2019 Bulan Depan

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Korea Aerospace Industries (KAI) akan menampilkan mock-up skala penuh wujud jet tempur KF-X di pameran Seoul ADEX (Seoul International Aerospace and Defense Exhibition) 2019 yang akan dilangsungkan di Seoul Airport pada 15-20 Oktober.

Saat ini, KAI sudah merampungkan ulasan desain kritis (critical design review/CDR) KF-X. Dijadwalkan, prototipe pertama KF-X akan diluncurkan (roll-out) pada semester pertama 2021. Setahun kemudian, 2022, prototipe KF-X akan mengudara.

Otoritas Program Perolehan Pertahanan (DAPA) sebagaimana dikutip FlightGlobal menerangkan, pengembangan prototipe jet tempur KF-X dijadwalkan selesai pada 2026.

Hal ini disampaikan usai pembahasan tahapan CDR yang digelar oleh Badan Urusan Pertahanan (ADD) Korea Selatan pada 24-26 September .

KF-X
DAPA

Disebutkan, seluruh kebutuhan yang diinginkan dari KF-X dapat terwujud dalam seri produksi pertama pesawat ini nantinya. Terdapat sedikitnya 390 bahasan teknis yang diulas dalam pertemuan CDR.

Program KF-X merupakan proyek pengembangan pesawat tempur Generasi 4,5 kerja sama Korea Selatan dan Indonesia. Proyek bernilai 7,2 miliar dolar AS ini menggandeng Indonesia dalam keikutsertaan modal sebesar 20 persen.

Meski demikian, dalam pernyataan yang disampaikan ini, tidak disinggung mengenai prototipe IF-X sebagai pesawat yang akan dikembangkan Indonesia.

KF-X
Roni Sontani

KF-X akan dilengkapi radar pemindai elektronik aktif (AESA) yang dikembangkan Hanhwa bekerja sama dengan Elta Systems dari Israel.

Pesawat akan ditenagai dua mesin General Electric F414. Mesin yang sama telah digunakan oleh Boeing F/A-18E/F Super Hornet dan Saab Gripen E.

Roni Sontani

2 Replies to “Wujud Penuh KF-X Akan Diperlihatkan di Pameran Seoul ADEX 2019 Bulan Depan”

  1. Indonesia harus bertanggungjawab agar sdm indonesia harus mampu menguasai teknologinya pesawat tempur ifx secara penuh. Buktikan PT DI bisa membuat tidak saja kapal terbang komersial.tapi juga pedawat tempur canggih. Dan kalau bisa ifx mengandung muatan lokal sampai 100 persen. Belajar meriset dan produksi teknologi intinya di dalam negeri. Yakin.dan petcaya diri bahwa kualitas keilmuan ilmuan indonesia setara dgn mereka dr negara maju lainnya didunia. Buktikanlah !!!!

  2. Indonesia ikut terlibat dalam project pengembangan pesawat tempur IFX KFX. Ini juga menjadi role model untuk negara2 asia tenggara yg masih ketergantungan dg pihak barat dan rusia. Semoga dg berhasilnya project KFX IFX negara2 asia terutama asia tenggara bisa lebih mandiri dan tidak didikte oleh barat ataupun rusia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *