Taiwan Luncurkan Brave Eagle, Jet Latih Lanjut Pertama Buatan Dalam Negeri

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Taiwan meluncurkan jet latih lanjut pertama buatan dalam negeri dengan nama AIDC T-5 Yung Ying (Brave Eagle). Pesawat diluncurkan di Aerospace Industrial Development Corp (AIDC) Distrik Salu, Taichung dengan dihadiri oleh Presiden Taiwan Tsai Ing-wen, Selasa (24/9/2019).

Sebagai jet laith lanjut, Brave Eagle dapat digunakan untuk melatih para pilot tempur dan juga sebagai pesawat tempur taktis.

Dikutip dari Taipei Times, pesawat dikembangkan sejak 2017 dengan menelan biaya 37,7 miliar dolar NT (1,22 miliar dolar AS). Pengembangan pesawat ini telah menyediakan 1.200 pekerjaan dan akan bertambah 800 pekerjaan lagi pada 2021.

AIDC T-5
Taipei Times

AIDC T-5 akan menggantikan AIDC AT-3 Tzu Chung dan Northrop F-5. Untuk diketahui, Angkatan Udara Taiwan (ROCAF) menggunakan pesawat latih dasar Beechcraft T-34 dan pesawat latih lanjut AIDC AT-3 serta Northrop F-5.

BACA  F-15JSI, Rajawali Samurai yang kian sakti

AT-3 dibuat AIDC bekerja sama Northrop dari Amerika Serikat. Pesawat ini mengudara perdana pada 16 September 1980 dan mulai digunakan sejak 1984.

AIDC AT-3
AIDC AT-3

AIDC T-5 Yung Ying menggunakan mesin Honeywell/ITEC F124 dengan 55 persen komponen dibuat di dalam negeri Taiwan. Pesawat dilengkapi dengan avionika modern.

Roni Sontani

One Reply to “Taiwan Luncurkan Brave Eagle, Jet Latih Lanjut Pertama Buatan Dalam Negeri”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *