KRI Layang dan KRI Tongkol Berlayar ke Australia Ikuti Latma Cassoex 2019

KRI Layang-635

AIRSPACE-REVIEW.com – Dua kapal perang Republik Indonesia dari Komando Armada II TNI Angkatan Laut yaitu KRI Layang-635 dan KRI Tongkol-813 berlayar menuju Australia, Kamis (5/9/2019).

Kedua kapal disertai dengan satu tim Gugus Geladi Yudha (GGY) Kolatarmada II akan mengikuti Latihan Bersama (Latma) Cassowary Exercise (Cassoex) 2019 antara TNI AL dengan Angkatan Laut Australia (Royal Australian Navy/RAN).

Cassoex merupakan program kerja sama latihan kedua negara yang telah rutin dilaksanakan.

Koarmada II

Dinas Penerangan Koarmada II dalam keterangannya mengatakan, kerja sama ini untuk menciptakan kawasan perairan yang terkendali serta meningkatakan hubungan positif dan persahabatan antara Indonesia dan Australia, khususnya TNI AL dan RAN.

Tujuan lainnya, adalah untuk meningkatkan profesionalisme prajurit TNI AL – RAN serta sebagai media pertukaran informasi dan pengetahuan di laut.

Koarmada II

Australia melalui RAN mengerahkan HMAS Maryborough-95 dan Sea Training Unit-Defence Co-operation Program (STU-DCP) dalam latihan ini.

Walau latma dilaksanakan di Australia, pembukaan Cassoex Exercise 2019 rencananya akan digelar di Kupang, Nusa Tenggara Timur pada 10 September 2019.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *