Rusia Pertahankan Keberadaan An-124 Ruslan Hingga 2050

An-124YouTube
ROE

AIRSPACE-REVIEW.com – Walau pabrik Antonov yang berada di Ukraina tidak lagi menyuplai komponen An-124 Ruslan kepada Rusia, Moskow tetap akan mempertahankan penggunaan pesawat angkut gigantis ini.

Untuk diketahui, Rusia masih mengoperasikan kurang lebih 16 unit An-124 di Angkatan Udara Rusia dan 12 unit dioperasikan oleh maskapai carter Volga-Dnepr Group.

Semua pesawat ini ditenagai oleh mesin Ivchenko-Progress D-18T turbofan buatan pabrik mesin Motor-Sich di Ukraina.

Pembuatan komponen-komponen An-124 di Rusia dikerjakan oleh pabrik Ilyushin atas permintaan dari pemerintah Rusia.

Sejak dua tahun terakhir, Biro Desain Ilyushin telah melakukan upaya modernisasi terhadap An-124-100. Demikian dikatakan Menteri Industri dan Perdagangan Rusia Denis Manturov di sela pelaksanaan pameran MAKS-2019 seperti dikutip FlightGlobal, Rabu pekan lalu.

Sebelumnya, pabrik Aviastar-SP yang berada di Ulyanovsk, Rusia (705 km sebelah timur Moskow) pernah kebagian membuat 36 unit An-124 sebelum produksinya diakhiri pada 2003.

US Navy

Ilyushin, ujarnya, melakukan modernisasi pada bagian avionik pesawat dan komopnen lainnya. Seluruh biaya riset modernisasi yang dicanangkan selesai dalam 10 tahun sejak 2017 ini ditanggung oleh pemerintah Rusia.

Tidak hanya avionik dan rangka pesawat yang dimodernisasi, mesin baru pun dikembangkan sebagai sistem penggerak pesawat ini. Mesin PD-35 diharapkan dapat menopang penggunaan An-124 di Rusia hingga tahun 2050.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *