Tujuh Heli Ansat Terbaru Akan Digunakan Polar Airlines di Wilayah Utara Jauh

HelikopterRussian Helicopters

AIRSPACE-REVIEW.com – Tujuh unit helikopter ringan multiguna Ansat buatan Russian Helicopters versi terbaru akan digunakan oleh maskapai Polar Airlines untuk beroperasi di wilayah Utara Jauh (Far North).

Kontrak pemesanan telah ditandatangani oleh kedua perusahaan dalam pelaksanaan pameran kedirgantaraan MAKS-2019 di Zhukovsky, Wilayah Moskow pada Kamis, 29 Agustus.

Helikopter modern Ansat akan diserahkan oleh Russian Helicopters kepada Polar Airlines mulai tahun 2021. 

Berdasar permintaan dari Polar Airlines, Russian Helicopters merancang heli Ansat yang dapat dioperasikan di wilayah yang sangat dingin dengan sistem proteksi anti-es, terbang lebih jauh, dan dapat diterbangkan dengan mode instrumen (non visual).

Sebelumnya, Russian Helicopters telah melaksanakan uji coba penerbangan Ansat di kawasan bertemperatur rendah di Yakutia.

Dengan memesan tujuh heli Ansat terbaru ini, Polar Airlines sekaligus menjadi maskapai pengguna pertama (launch customer) bagi Ansat versi modernized.

Tiga dari tujuh unit heli yang dipesan akan dilengkapi dengan sistem modul medis. Sementara lainnya akan dilengkapi dengan perangkat tambahan untuk fungsi pemadaman api, patroli, dan pertolongan terhadap kondisi darurat.

Ansat Aurus
Roni Sontani/AR

Polar Airlines menjadi salah satu pelanggan helikopter buatan Russian Helicopters sejak beberapa tahun lalu. Pada 2017 dan 2018, Russian Helicopters menyuplai Polar Airlines dengan lima heli Mi-8MTV-1 untuk penggunaan di kawasan Arktik.

Polar Airlines merupakan maskapai terdepan di Republik Sakha (Yakutia). Maskapai ini melayani penerbangan di kawasan lokan dengan beragam platform moda udara, baik pesawat sayap tetap maupun helikopter.

Saat ini Polar Airlines mengoperasikan 64 armada termasuk di 27 Mi-8/Mi8MTV-1.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *