Kapal Selam KRI Alugoro-405 Segera Perkuat Armada TNI AL

AIRSPACE-REVIEW.com – Kapal Selam TNI Angkatan Laut KRI Alugoro-405 secepatnya akan memperkuat jajaran Armada TNI AL. Hal ini terungkap dalam kunjungan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto saat meninjau kapal selam ini di Galangan PT PAL (Persero), Surabaya, Kamis (8/8).

Kapal selam Republik Indonesia KRI Alugoro dibangun dengan skema alih teknologi (Transfer of Technology/ToT) antara Daewoo Shipbuilding Marine and Engineering (DSME) Korea Selatan dengan industri pertahanan dalam negeri PT PAL di Surabaya.

Kapal ini merupakan kapal selam ketiga kelas 209/1400 diesel-elektrik yang dibuat atas kerja sama Indonesia dan Korea Selatan.

Dua kapal selam sejenis lainnya yaitu KRI Nagapasa-403 dan KRI Ardadedali-404 masing-masing telah diterima TNI AL pada 2017 dan 2018.

Berbeda dengan Nagapasa dan Ardadedali yang dibuat di Galangan DSME Korea Selatan, Alugoro dirakit di Galangan PT PAL Surabaya sebagai bentuk ToT.

Selanjutnya, kapal selam sejenis untuk TNI AL akan dibangun sepenuhnya oleh PT PAL di Surabaya.

Dispenal
Dispenal

Dinas Penerangan Angkatan Laut (Dispenal) dalam siaran berita yang dilayangkan kepada Airspace Review menerangkan, KRI Alugoro memiliki panjang 61,3 meter. Kecepatan laju kapal selam ini mencapai 21 knot di bawah permukaan air.

KRI Alugoro mampu berlayar lebih dari 50 hari. Lebih dari 40 kru kapal dapat ditampung kapal ini ditambah dengan satu tim pasukan elite TNI AL untuk menunjang fungsi operasinya. 

Sementara nama Alugoro, jelas Dispenal, diambil dari nama sebuah senjata pemukul yang dimiliki oleh tokoh pewayangan Prabu Baladewa. Senjata ini berupa gada yang digunakan oleh para ksatria atau bangsawan lainnya.

Kekuatan senjata Alugoro mampu menghancurkan kepala manusia dengan sekali pukul saja. Alugoro dianggap sakti karena merupakan pemberian Dewa Batara Guru sebagai hadiah pada saat Baladewa menikah dengan Dewi Erawati.

KRI Alugoro-405

TNI AL saat ini telah memiliki empat kapal selam. Dua kapal selam pertama merupakan kapal selam kelas 209/1300 yang dibeli dari Jerman, yaitu KRI Cakra-401 dan KRI Nanggala-402. Kedua kapal selam ini telah menjalani overhaul dan retrofit di DSME, Korea Selatan.

Dalam kunjungan ke PT PAL kali ini, Panglima TNI didampingi oleh Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Wuspo Lukito.

Roni Sontani

One Reply to “Kapal Selam KRI Alugoro-405 Segera Perkuat Armada TNI AL”

  1. KAPAL SELAM DIESEL – ELECTRIC ,CHARGE BATTRY DGN DIESEL ,MENYELAM MEMAKAI BATTRAY ,
    KOLABORASI DGN TESLA AUTOMOTIVE ,UNTUK BATTRAY MUNGKIN LEBIH KUAT – TAHAN LAMA.
    TESLA SDH TERBUKTI DGN PRODUCT MOBIL TERBARU ,ONE CHARGE FOR 680 MILES

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *