Tok! Rusia Akan Lakukan Pengujian Pengebom Siluman Strategis PAK DA

AIRSPACE-REVIEW.com – Rusia diberitakan akan melakukan serangkaian pengujian pesawat pengebom strategis siluman Rusia, PAK DA. Pengujian pesawat untuk Angkatan Kedirgantaraan Rusia (VKS) ini akan dilaksanakan di Pusat Pengembangan dan Uji Terbang Zhukovsky, luar kota Moskow.

Tupolev Aircraft Company mengumumkan hal itu sebagaimana diberitakan TASS.com pada Jumat (2/8).

Tidak disebutkan secara detail apa-apa saja yang akan dilakukan dalam pengujian ini.

Perlu diketahui, untuk desain prototipenya sendiri hingga saat ini perwujudan PAK DA barulah sebatas beragam ilustrasi yang dibuat tidak resmi dan beredar di internet sejak beberapa tahun lalu.

Yang jelas, Tupolev mengatakan, pihaknya saat ini sedang menyiapkan rencana besar pengujian sejumlah pengebom strategis yang telah ditingkatkan kemampuannya seperti Tu-22M3M, Tu-160, dan Tu-95MS.

“Berbarengan dengan itu, Tupolev menyiapkan pengujian skala besar wahana prospektif untuk penerbangan jarak jauh (PAK DA),” jelas bagian penerangan perusahaan mengutip pernyataan CEO Tupolev Alexander Konyukhov dalam acara pertempuan besar untuk peringatan 70 tahun Pusat Pengembangan dan Uji Terbang Zhukovsky.

Josef Gatial

Dikatakan, lembaga ini ke depan juga akan digunakan untuk melaksanakan pengerjaan pesawat angkut militer jarak menengah dan pesawat jet penumpang supersonik generasi masa depan. Kegiatan melibatkan lembaga penelitian terdepan dan perusahaan.

Rencana lainnya, adalah membangun stasiun perawatan untuk pesawat komersial lorong tunggal Tu-204 dan Tu-214 di Zhukovsky pada akhir tahun ini.

Pusat Pengembangan dan Uji Terbang Tupolev Aircraft Company, telah dibangun di Zhukovsky berkat inisiatif desainer pesawat ternama Andrei Tupolev pada 1949. Di tempat ini dilaksankan beragam pengujian seluruh produk pesawat buatan Tupolev.

Sementara itu, Kepala Komite Keamanan dan Pertahanan di Parlemen Rusia Viktor Bondarev sebelumnya menyatakan, PAK DA disiapkan sebagai pengganti Tu-22M3, Tu-95MS, dan Tu-160.

Dijadwalkan, PAK DA dapat dikirimkan kepada VKS pada kurun 2025-2030 setelah semua rangkaian pengujian rampung.

Sebelumnya pada Januari lalu, CEO Tupolev Konyukhov menyatakan, Tupolev membutuhkan 5-7 tahun untuk pengujian dan pengembangan PAK DA. Waktu yang dibutuhkan sama untuk pengembangan pesawat jet komersial supersonik Tu-144.

Kemudian Wakil Menteri Pertahanan yang juga Wakil Perdana Menteri Rusia Yuri Borisov menyatakan, produksi massal PAK DA kemungkinan baru dapat dilaksanakan pada 2028 atau 2029 setelah penerbangan perdana dilakukan pada 2025 atau 2026.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *