Kolombia Cari Pengganti Kfir, Jet Tempur Mana Bakal Dipilih?

AIRSPACE-REVIEW.com – Kolombia diberitakan mulai mengkaji proposal yang diajukan oleh Amerika Serikat, Spanyol, dan Swedia terkait penawaran jet tempur baru.

Pasalnya, Bogota memang telah mengumumkan akan mengganti 21 jet tempur Kfir buatan Israel Aircraft Industries (IAI) yang sudah mengabdi selama tiga dekade di Angkatan Udara Kolombia (FAC).

Anggaran pun disiapkan pemerintah Kolombia senilai kurang lebih satu miliar dolar AS untuk mengganti kawanan Kfir.

“Proposal dari Spanyol, Swedia, dan Amerika Serikat sudah masuk. Pesawat seperti Typhoon, Gripen, dan F-16 saat ini sedang dikaji,” ujar sumber dari Angkatan Udara Kolombia (FAC) sebagaimana dikutip Reuters (24,7).

Gripen C
Saab Saab

Dari hasil tersebut nantinya, lanjut sumber tadi, FAC akan menyampaikan rekomendasi kepada pemerintah.

Ditambahkan, meski anggaran terbatas, pemerintahan Presiden Kolombia Iván Duque Márquez berkeinginan memodernisasi kekuatan militer negara khususnya FAC dalam hal ini.

Sementara itu, mengutip pemberitaan Colombia Reports (20/7) disebutkan, pemerintah AS telah menawarkan penjualan 15 F-16 Block 70 alias F-16 Viper kepada Bogota.

Hawk AJT dan Typhoon
BAE Systems

F-16V merupakan varian tercanggih keluarga F-16 dengan radar dan sistem persenjataan yang mutakhir. Pesawat ini dapat digunakan hingga tahun 2070.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *