Bertarung di AL AS, Heli Latih Leonardo TH-119 Raih Sertifikasi IFR dari FAA

AIRSPACE-REVIEW.com – Industri pesawat asal Italia Leonardo dapat bernapas lega setelah helikopter latih andalan mereka TH-119 mendapat sertifikasi IFR (Instrument Flight Rules) dari FAA (Federal Aviation Administration).

Bagi Leonardo, hal ini sangat membanggakan. Terlebih dalam beberapa dekade terakhir TH-119 merupakan satu-satunya helikopter mesin tunggal yang berhasil mendapatkan sertifikasi ini.

Leonardo dalam siaran persnya pada Kamis (18/7) menyatakan, sertifikasi IFR dari FAA merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh helikopter yang mengikuti kompetisi pengadaan heli latih di Angkatan Laut Amerika Serikat (AL AS).

Dengan meraih sertifikasi ini, TH-119 telah dinyatakan layak diterbangkan pada kondisi visibilitas rendah dan kondisi cuaca yang kurang baik.

Untuk diketahui, TH-119 tengah mengikuti kompetisi tender pengadaan heli latih AL AS pengganti Bell TH-57 Sea Rangers. Program pengadaan ini juga disebut Advanced Helicopter Training System TH-73.

Leonardo

Dalam kompetisi ini, TH-119 akan bertarung melawan H135 buatan Airbus Helicopters dan Bell 407GXi dari Bell Helicopter.

AL AS sedikitnya membutuhkan 130 unit heli baru yang akan digunakan untuk melatih kadet-kadet penerbang sayap putar.

Leonardo merancang TH-119 dengan basis heli laris produk mereka, yaitu AW-119 yang telah digunakan di 40 negara.

TH 119 IFR
Twitter Twitter

Bila TH-119 dipilih oleh AL AS, Leonardo menyatakan akan membuat heli ini di fasilitas mereka di Philadelphia, AS seperti halnya AW119.

TH-119 menggunakan mesin Pratt & Whitney PT6B yang memberikan tenaga cukup tangguh bagi heli ini.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *