Cope West 2019 Berakhir, Latihan Pertarungan Udara Tingkatkan Profesionalisme

AIRSPACE REVIEW (AngkasaReview.com) – TNI Angkatan Udara dan Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF) sejak 17 Juni lalu melaksanakan latihan tempur udara bersama di Manado, Sulawesi Utara. Latihan bersandi “Cope West 2019” ini berakhir hari ini, Jumat (28/6/2019).

Cope West 2019 melibat 13 jet tempur F-16, masing-masing enam unit dari USAF dan tujuh unit dari TNI AU. Sementara jumlah personel yang terlibat dalam latihan ini total kurang lebih 300 orang.

USAF mengerahkan 6 F-16 dan 100 personelnya dari Skadron Tempur ke-14, Wing Tempur ke-35 yang berpangkalan di Misawa, Jepang. Satuan ini berada di bawah naungan Pacific Air Forces (PACAF).

Sementara TNI AU mengerahkan 7 F-16 dan 150 personelnya dari Skadron Udara 3, Wing Udara 3, Lanud Iswahjudi, Madiun.

Dispenau
Dispenau

Pada sesi latihan penutup, Kamis (27/6), seperti ditulis dalam siaran pers Dinas Penerangan Angkatan Udara (Dispenau) yang diterima Airspace Review, empat pesawat tempur F-16 dari TNI AU dan USAF melaksanakan “duel udara”.

Air Tactical Combat (ATC) atau Air Combat Manoeuvring (ACM) dilaksanakan untuk menguji dan meningkatkan profesionalisme penerbang tempur menghadapi lawan-lawannya.

Dispenau
Dispenau
Dispenau
Dispenau

Sebelum latihan, Komandan Wing Udara 3 Lanud Iswahjudi Kolonel Pnb M. Satriyo Utomo mengatakan kepada seluruh peserta untuk menjadikan latihan di hari terakhir ini sebagai hari latihan terbaik dan puncak dari kegiatan latihan.

“Namun yang terpenting adalah tetap mengedepankan faktor keselamatan dan keamanan, seperti yang telah diarahkan pimpinan, mission accomplished, safety always,” pesannya.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *