70 Heli OH-58D Kiowa Warrior dan Satu CH-47D Chinook Lengkapi AD Yunani

OH-58D Kiowa WarriorUS Army

AIRSPACE REVIEW (angkasareview.com) – Yunani menerima pengiriman 70 helikopter intai serang OH-58D Kiowa Warrior dan satu heli angkut berat CH-47D Chinook dari Amerika Serikat. Heli diterima di pelabuhan kapal komersial “Ocean Giant” di Volos, Yunani pada 16 Mei lalu.

Kedatangan heli disambut oleh Kepala Staf AD Yunani Letjen George Kambas dan Direktur Penerbangan AD Yunani Christos Iliopoulos.

Kawanan heli ini selanjutnya diterbangkan oleh gabungan pilot Yunani dan AS menuju Brigade Penerbangan Angkatan Darat ke-1 di Stefanovikeio, Thessaly. Di tempat tersebut, heli akan mulai digunakan secara resmi oleh AD Yunani pada Juni mendatang.

Untuk dikethaui, Yunani membeli 70 heli OH-58D Kiowa Warrior bekas pakai Angkatan Darat AS berikut persenjataannya pada Desember 2017 dengan nilai pembelian 46 juta dolar AS. Alutsista ini dibeli melalui program Excess Defense Articles (EDA).

Twitter @e_Amyna

Flight Global tahun lalu memberitakan, OH-58D untuk AD Yunani akan dilengkapi dengan rudal udara ke darat AGM-114K Hellfire, roket Hydra-70 kaliber 70 mm, dan senapan mesin kaliber 12,7 mm.

Yunani menjadi negara ketiga di luar AS yang membeli surplus OH-58D Kiowa Warrior melalui program EDA. Sebelumnya, Kroasia membeli 12 unit pada 2016 dan Tunisia dengan 24 unit.

Selain Kiowa Warrior, sejumlah heli lain dioperasikan oleh AD Yunani. Yaitu Agusta-Bell AB205 dan AB206, Bell UH-1H, Boeing AH-64A/D Apache, CH-47D/SD Chinook, dan NH Industries NH90.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *