Ukraina Kembangkan Ranpur Komando Terbaru BTR-3KSh

BTR-3KShUSC

ANGKASAREVIEW.COM – Kyiv Armored Plant anak perusahaan Ukroboronprom State Concern (USC) mengembangkan kendaraan tempur (ranpur) terbarunya jenis Komando dan Staf dengan nama BTR-3KSh. Kendaraan digunakan untuk mengendalikan pergerakan divisi-divisi pasukan di medan perang modern.

Ranpur BTR-3KSh dilengkapi sistem kontrol pertempuran otomatis (ACS) terbaru. Perangkat yang berfungsi sebagai “jantung” dari ranpur ini dapat menggabungkan dan mengolah semua informasi yang dikirimkan melalui saluran komunikasi digital yang aman.

Tautan: Kadet Akademi Militer Ukraina Mulai Berlatih Penembakan Menggunakan BTR-4E

Informasi-informasi yang diterima berasal dari berbagai sumber. Baik dari para komandan satuan, kendaraan tempur individu, pesawat tanpa awak, maupun satuan radar.

Sistem kontrol pertempuran otomatis selanjutnya akan menampilkan gambar lengkap dari situasi pertempuran dan mengirimkan perintah-perintah eksekusi dengan sistem transfer yang sangat cepat. Demikian dilaporkan oleh layanan pers USC pada Senin (15/4).

BTR-3KShUSC
Guna membantu penyebaran informasi peperangan, BTR-3KSh didukung sistem drone sendiri. Drone bernama Rama ini dibuat oleh DKB Aviation of General Purpose (bagian dari USC). Saat tak digunakan, drone ditempatkan di sisi tengah bagian kanan kendaraan.

Untuk pertahanan diri, BTR-3KSh mengusung modul tempur IVA-M buatan perusahaan swasta Cesar. IVA-M yang dioperasikan secara remote control (RCWS) bersenjatakan SMB kaliber 12,7 mm. Ranpur ini juga dilengkapi perangkat range finder daylight & thermal imagerĀ dan enam tabung granat asap.

Tautan lain: BM-21UM Hrad, Calon Pengganti MLRS Gaek BM-21 Grad

BTR-3KSh dibangun berdasarkan panser 8X8 BTR-3DA rancangan Kharkiv Morozov Machine Building Design Bureau. Kabin tengah kendaraan ini dimodifikasi ulang dan ruangan kapsulnya diperbesar agar sembilan awaknya dapat menjalankan tugas dengan nyaman. Kendaraan ini juga telah dilengkapi dengan sistem pendingin udara (AC).

BTR-3KShUSC
Sebagai tenaga penggerak, ranpur berbobot 16 ton menggunakan mesin diesel Deutz AG berdaya 326 hp yang dipadukan dengan transmisi otomatis Allison 3200SP. Kecepatan laju maksimum BTR-3KSh mencapai 104 km/jam dan kecepatan berenang di air menggunakan water jet tunggal di 10 km/jam. Sementara untuk jangkauan operasi darat mencapai 600 km.

Tautan lain: BRDM Mongoose, Musang Sang Pengintai Tempur Buatan Ukraina

Saat ini Kyiv Armored Plant sedang melaksanakan uji pabrik untuk BTR-3KSh. Setelah itu kendaraan ini akan menjalani uji negara dengan melibatkan Angkatan Bersenjata Ukraina sebagai calon pertama penggunanya.

Rangga Baswara Sawiyya

editor: ron

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *