Moskow Cari Cara Untuk Pertahankan Penggunaan Helikopter Rusia di Afghanistan

ANGKASAREVIEW.COM – Moskow sedang mencari cara untuk mempertahankan penggunaan helikopter Rusia oleh Pasukan Keamanan Afghanistan. Demikian hal tersebut diungkapkan Vladimir Kozhin, Ajudan Presiden Rusia Vladimir Putin, dalam sebuah wawancara pada saluran Rossiya 24 TV beberapa waktu lalu.

“Saya pikir kami akan menemukan cara untuk memastikan bahwa helikopter kita (bisa tetap) digunakan di Afghanistan untuk melindungi pemerintah yang sah di negara itu,” ujar Ajudan Presiden Rusia yang fokus pada bidang Kerja Sama Militer ini.

Kozhin menyebutkan bahwa Amerika Serikat (AS) saat ini memasak helikopter ke Afghanistan. “Semua metode dan cara-cara tekanan anti-diplomatik digunakan untuk memaksa Afghanistan membuat keputusan itu,” tegasnya.

Baca Juga:

Sangar, The Berkuts Tim Aerobatik Helikopter Tempur Rusia

Gunship Mini AC-208B Eliminator Siap Beraksi di Afghanistan

Sebelumnya, Duta Besar Rusia untuk Afghanistan Alexander Matnytsky mengatakan bahwa negara-negara barat telah meluncurkan rearmament program untuk Pasukan Keamanan Afghanistan, namun Kabul masih tetap tertarik dengan helikopter buatan Rusia.

BACA  Mini Harpy, Drone Kamizake Mini Terbaru Buatan Israel

Tariq Shah Bahrami selaku pemangku jabatan Menteri Pertahanan Afghanistan pernah mengatakan bahwa negaranya tidak membutuhkan helikopter buatan Rusia lagi semenjak mereka mulai menerima helikopter dari negara anggota NATO. Pada saat yang sama ia juga menekankan bahwa ketika beralih ke helikopter dari anggota NATO, Afghanistan akan membutuhkan bantuan dalam memelihara operasional helikopter Rusia.

Negara-negara luar, termasuk negara Eropa Timur yang menjadi anggota NATO, saat ini menyediakan layanan pemeliharaan ke Afghanistan, karena mereka juga menggunakan helikopter buatan Soviet dan berpengalaman dalam merawatnya. (ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *