Dukung Maduro, Rusia Kirim Tentara Bayaran ke Venezuela

ANGKASAREVIEW.COM – Krisis politik di Venezuela telah membuat pemerintahan di bawah Presiden Nicolas Maduro memutuskan hubungan diplomatik dengan Amerika Serikat (AS). Paman Sam dan sejumlah negara lainnya seperti  Kanada, Argentina, Brasil, Chili, Kolombia, Kosta Rika, Ekuador, Georgia, Guatemala, Honduras, Panama, Paraguay, dan Peru bahkan telah menyatakan tidak mendukung Maduro. Mereka mendukung Presiden Venezuela ‘versi kudeta’ dari kubu oposisi, yakni Juan Guaido.

Di kubu seberang, negara seperti Rusia dan Turki tetap mendukung Maduro. Sehingga, krisis politik di Venezuela dengan cepat berubah menjadi masalah keamanan internasional.

Dukungan Rusia secara militer di Venezuela sebenarnya telah dilakukan secara terang-terangan. Misalnya, dengan melaksanakan latihan perang dan mengirimkan sejumlah pesawat militer termasuk pembom strategis “Si Angsa Putih”, Tu-160 Blackjack.

Kehadiran kekuatan militer Rusia di Venezuela, jelas membuat AS berang sekaligus ketar-ketir. Sebab, jika mau, pesawat-pesawat tempur Rusia bisa menyerang AS dari Venezuela hanya dalam hitungan jam.

BACA  Dulu Cuma Jadi Target Tembak, XQ-58A Valkyrie Akan Mampu Jadi Penempur

Mengutip harian The Guardian, terkait krisis politik di Venezuela demi mendukung kelanggengan Presiden Maduro, Rusia secara diam-diam juga telah mengirimkan sekira 400 personel tentara bayaran. Kelompok personel terlatih ini secara khusus dikirim untuk mengawal Maduro.

Pengiriman tentara bayaran sudah dimulai sejak 21 Januari lalu, meskipun Kementerian Pertahanan Rusia menolak untuk memberikan komentar ketika ditanya sejumlah media di negara pecahan Uni Soviet terbesar ini.

Di sisi yang lain, sejumlah media di Rusia telah menyaksikan sendiri keberangkatan para tentara bayaran itu. Mereka awalnya diterbangkan menuju Havana, Kuba lalu melanjutkan perjalanannya secara senyap menuju Venezuela.

Para tentara bayaran Rusia, akhir-akhir telah menjadi berita besar setelah tentara bayaran Rusia turut dikirim ke Suriah dan terlibat pertempuran sengit melawan pasukan khusus AS.

BACA  Bagaimana Supaya Tak Kena Jet Lag?

A Winardi

 

editor: ron

One Reply to “Dukung Maduro, Rusia Kirim Tentara Bayaran ke Venezuela”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *