Bukan Hanya Papua, Sejumlah Negara Ini Bertempur di Wilayah Pegunungan

ANGKASAREVIEW.COM – Bangsa Indonesia dikejutkan dengan penyerangan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) terhadap sejumlah pekerja PT Istaka Karya di Distrik Yigi, Kabupaten Nduga, Papua pada 2 Desember lalu. Tidak hanya melakukan penyerangan, kelompok pimpinan Egianus Kogoya juga membunuh 20 orang yang terdiri dari 19 pekerja proyek Trans Papua dan 1 prajurit TNI.

Hingga kini pasukan gabungan TNI dan Polri terus memburu para KKB. Tidak mudah menangkap para KKB, medan yang bergunung-gunung dan akses jalan yang terbatas membuat pasukan TNI dan Polri harus berusaha ekstra.

Seperti pembaca Angkasa Review ketahui, Papua merupakan salah satu wilayah Indonesia yang berkontur pegunungan sangat tinggi. Sehingga, pasukan keamanan Indonesia harus berhadapan dengan medan terjal. Dalam terminologi militer pertempuran yang dihadapi pasukan keamanan Indonesia ini adalah mountain warfare atau pertempuran gunung.

BACA  Mengenal Dornier Do 228-212, Pesawat Patroli Pantai Andalan Coastguard Belanda

Hambatan medan dan kondisi cuaca yang mudah berubah-ubah, menambah tantangan dalam menghadapi mountain warfare.

Mountain WarfareISAF

Tidak hanya TNI dan Polri yang menghadapi pertempuran gunung. Sejumlah negara hingga saat ini masih berjibaku dengan para pemberontak yang memiliki basis atau menjalankan aksinya di wilayah pegunungan.

Berikut ini sejumlah negara yang bertempur di wilayah pegunungan.

  1. Afganistan

Tentu tidak ada yang menolak jika negara landlocked ini disebut sebagai medan perang sejati dalam doktrin mountain warfare. Pasukan Taliban berhasil membuat haru biru pasukan Amerika dan sekutunya di medan terjal pegunungan Hindu Kush. Sejumlah pertempuran yang dialami pasukan Amerika, mulai dari perebutan pegunungan Tora Bora hingga Gardez menjadi saksi betapa sulitnya menaklukan musuh yang berbasis di gunung.

  1. Turki
BACA  Duh Cantiknya, Norwegia Mulai Terima Helikopter SAR AW101 dari Leonardo

Negara pimpinan Erdogan ini menjadi salah satu negara yang merasakan getirnya menghadapi pertempuran di pegunungan. Pasukan dari Hakkari Mountain Commando Brigade harus berhadapan dengan pasukan Kurdi yang kerap merongrong kedaulatan Turki. Gunung Sumbul menjadi tempat berlatih favorit bagi pasukan gunung andalan Turki.

  1. India dan Pakistan

Negara bertetangga yang tidak pernah akur ini saling memperebutkan wilayah Jammu Kashmir yang memiliki ketinggian elevasi cukup ekstrem. Kedua negara berusaha mengklaim wilayah yang didominasi pegunungan tertutup salju. Konflik India dan Pakistan adalah salah satu pertempuran gunung yang paling brutal. Karena kedua negara memiliki kemampuan militer yang sama kuatnya.

  1. Rusia

Republik Dagestan adalah salah satu nama republik dalam Federasi Rusia. Wilayah yang berhadapan dengan pegunungan Kaukasus ini, menjadi basis dari sisa-sisa militan Chechnya. Pasukan khusus macam FSB dan GRU sering beroperasi di ketinggian untuk menyerbu basis-basis teroris. Walaupun sekarang cenderung aman, FSB masih sering melakukan penyerangan ke beberapa wilayah pegunungan Kaukasus.

BACA  Sukses Raih 4.000 Jam Terbang F-16, Pilot USAF Ini Segera Pensiun

(RND)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *