Iran Luncurkan Ranpur MRAP Toufan Buatan Dalam Negeri

Iranimp-navigator.livejournal

ANGKASAREVIEW.COM – Iran kembali menunjukkan kemandiriannya dalam pembuatan alutsista. Tanggal 20 November lalu, seperti dilansir situs pertahanan Jane’s, Menteri Pertahanan Iran Brigjen Amir Hatami secara resmi meluncurkan produksi pertama kendaaraan antiranjau yang dinamai Toufan (Typhoon). Seremoni ini berlangsung dari kawasan industri Shahid Kolahdooz tempat Toufan diproduksi.

Sobat AR, pengembangan ranpur MRAP (Mine Resistant Ambush Protected Vehicle) pertama Negeri Persia telah dimulai sejak dua tahun silam. Purwarupa Toufan pertama kali ditampilkan ke hadapan publik dalam gelaran IPAS pada Oktober 2016.

Entah kebetulan atau memang sengaja meniru, tampilan Toufan sangat menyerupai ranpur MRAP Typhoon buatan Streit Group, Kanada/Uni Emirat Arab.

Layaknya ranpur MRAP, desain lambung Toufan berbentuk huruf V. Model ini berfungsi untuk melemahkan energi ledakan. Disebutkan, Toufan memiliki proteksi STANAG 4569 level 2 dan dengan kit proteksi tambahan meningkat menjadi level 3. Dengan kata lain, Toufan dapat meladeni tumbukan peluru senapan mesin kaliber 12,7 atau 14,5 mm serta ledakan ranjau atau IED setara 6-8 kg TNT.

Iranimp-navigator.livejournal

Sebagai ranpur modern,Toufan juga mengadopsi desain bersifat modular sehingga dapat dikembangkan menjadi beberapa varian. Selain versi angkut pasukan (APC), Toufan dapat dikembangkan menjadi kendaraan komando & kontrol, patroli perbatasan, kendaraan kawal, dan intai serta dapat dijadikan ambulans (medevac).

Batch pertama Toufan yang diluncurkan merupakan versi APC. Kendaraan ini dapat mengusung 10 awak termasuk pengemudi dan komandan. Persenjataan utama yang dapat dibawa berupa senapan mesin kaliber 7,62 mm, 12,7 mm atau 14, 5 mm. Saat peluncuran telihat sebuah Toufan mengusung senapan mesin W85 kaliber 12,7 mm buatan China yang ditiru oleh industri senjata Iran.

Sebagai tenaga penggerak, Toufan mengadopsi mesin diesel buatan KamAZ, Rusia yang memiliki daya 360 hp. Toufan juga banyak menggunakan komponon otomotif lain yang berasal dari kendaraan sipil. Komponen tersebut bebas diperjualbelikan atau tak termasuk barang/komponen yang terkena embargo.

Iranimp-navigator.livejournal

Toufan dilengkapi penggerak gardan ganda (4X4) sehingga bisa beroperasi di segala medan. Kendaraan ini dapat dengan mudah melintasi parit dengan kedalaman 1,3 m dan menaiki rintangan setinggi 50 cm. Ia juga mampu berjalan pada tanjakan hingga sudut 60 derajat dan kemiringan jalan 32 derajat. Toufan bisa dipacu maksimum 100 km/jam di jalanan datar.

Sobat AR, tak dijelaskan berapa jumlah produksi batch pertama MRAP Toufan yang dibuat Iran. Dari rangkaian foto yang diambil pada acara seremoni, terlihat lima unit Toufan sudah selesai dan delapan lainnya terlihat pada jalur perakitan.

Menurut kantor berita FARS, Teheran mengungkapkan bahwa batch pertama Toufan akan diserahkan kepada Korps Garda Revolusi dan Kepolisian Iran.

Rangga Baswara Sawiyya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *