Ratusan Calon Taruna STPI Curug Mulai Jalani Tahap Madatukar

ANGKASAREVIEW.COM – Ratusan calon taruna Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug menjalani tahap Masa Dasar Pembentukan Karakter (Madatukar), Senin (24/9/2018). Selama dua minggu ke depan mereka akan digodog untuk ditanamkan empat kemampuan sebagai insan perhubungan.

Penyelenggaraan STPI Madatukar terbagi menjadi dua berdasarkan jalur perekrutannya. Mereka yang mengikuti seleksi penerimaan calon taruna (sipencatar) jalur pola pembibitan menjalani Madatukar di Balai Diklat Pembangunan Karakter SDM Transportasi (BP3KSDMT), Ciwidey, Bandung. Sedangkan yang mengikuti sipencatar dari jalur reguler menjalani Madatukar di Kampus STPI Curug.

tarunaSTPI Curug

Catar STPI Curug jalur reguler menjalani Madatukar di lingkungan kampus, Senin (24/9/2018).

Catar jalur reguler yang melaksanakan Madatukar lingkungan kampus dibimbing oleh pengasuh taruna dan dibantu taruna-taruni STPI. Sedangkan di BP3KSDMT, Madatukar dilakukan secara terpadu. Sebanyak 2.676 catar dari tiga matra sekolah yang ada di bawah naungan BPSDM Perhubungan Kemenhub menjalani proses ini bersama-sama.

Kasubag Humas dan Rumah Tangga STPI, Suherman, kepada Angkasa Review mengatakan, calon taruna STPI yang ikut Madatukar di BP3KSDMT berjumlah 456 orang dan semua dari pola pembibitan.

tarunaSTPI Curug

Catar STPI Curug dari jalur pola pembibitan mengikuti Madatukar di BP3KSDMT, Ciwidey, Bandung, Senin (24/9/2018).

“Untuk yang dilaksanakan di STPI 120 dari jalur reguler. Pelaksanaannya bersamaan, selama 12 hari dan setelah itu dilakukan pengenalan kampus bersama selama satu minggu,” imbuh suherman, Senin (24/9/2018).

Pendidikan Madatukar yang digelar di BP3KSDMT dibuka oleh Kepala BSDM Perhubungan, Ir. Umiyatun Hayati Triastuti, M.Sc. Pembukaan Madatukar juga dihadiri Sekjen Kemenhub, Djoko sasono.

tarunaInstagram/BPSDMP

Kepala BSDM Perhubungan, Ir. Umiyatun Hayati Triastuti, M.Sc

tarunaInstagram/BPSDMP

Sekjen Kemenhub, Djoko Sasono.

Penyelenggaraan Madatukar bertujuan ini bertujuan agar catar memiliki empat kemampuan sebagai insan perhubungan, yakni mampu mengelola dirinya sendiri, mampu mengelola hubungan dengan orang lain, mampu mengelola dengan organisasi tempat bekerja, serta mampu mengelola hubungan dengan Tuhan Yang Maha Esa.

tarunaSTPI Curug

Pemberangkatan catar jalur pola pembibitan STPI Curug dari Lapangan Langit Biru menuju BP3KSDM, Ciwidey, Bandung, Sabtu (22/9/2018).

Berkumpul di Lapangan Langit Biru, Catar jalur pola pembibitan STPI Curug diberangkatkan ke BP3KSDMT pada Sabtu (22/9/2018) malam.

Baca Juga:

Kepala BPSDM Perhubungan: Lulusan STPI Curug Punya Peluang Besar Jadi Pemimpin Dunia Transportasi

Secara keseluruhan, Madatukar di BP3KSDMT diiikuti oleh 13 sekolah, dengan rincian sebagai berikut:

Matra Udara

STPI 456 orang, Poltekbang Surabaya 120 orang, ATKP Medan 24 orang dan ATKP Makassar 48 orang.

Matra Darat

STTD 672 orang, BP2TD Palembang 120 orang, PKTJ Tegal 172 orang, BP2TD Bali 91 orang dan API Madiun 96 orang.

Matra Laut

STIP 390 orang, PIP Semarang 120 orang, PIP Makassar 168 orang dan Poltekpel Surabaya 192 orang.

(ERY)