Gerak Cepat, TNI Kerahkan C-130 Hercules A-1336 ke Lombok

ANGKASAREVIEW.COM – Gempa berkekuatan 7 Skala Richter mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (5/8/2018) petang. Guncangan gempa menyebabkan ribuan rumah rusak dan sedikitnya 84 orang meninggal dunia.

Tentara Nasional Indonesia (TNI) langsung pada Senin pagi langsung mengerahkan pasukan dan bantuan menuju Lombok. Personel dan logistik diangkut menggunakan pesawat C-130H Hercules nomor registrasi A-1336 dari Skadron Udara 32 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.

Kapuspen Mayjen TNI M.S Fadhilah dalam keterangan tertulis yang diterima Angkasa Review menyatakan, tahap pertama bantuan penanggulangan bencana alam (Gumbencal) Lombok yang dikirim adalah 82 personel dari Yonkes 2/YBH/2 Kostrad.

Sementara untuk logistik meliputi tangga darurat, modul bedah, modul poliklinik umum, modul perawatan, modul farmasi, dan kelompok komando. Dibawa juga sembilan tenda, 15 meja lapangan, 30 kursi lapangan, 82 velbed, satu genset, dan enam pendingin ruangan.

Puspen TNI

“Bantuan tahap pertama segera diberangkatkan,” kata Fadhilah pagi hari.

TNI juga menyiapkan lima truk lapangan, tiga ambulance, dan satu kendaraan pendukung. Pemberangkatan berikutnya akan dilaksanakan dari Lanudal Juanda, Surabaya maupun Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta.

Roni Sontani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *