Secara Khidmat, KSAU Pimpin Ziarah Hari Bakti TNI AU di Monumen Ngoto Yogyakarta

ANGKASAREVIEW.COM – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna memimpin upacara Ziarah Hari Bakti TNI AU di Monumen Ngoto, Yogyakarta, Sabtu (28/7/2018). Dihadiri oleh para mantan KSAU, pejabat TNI AU, keluarga Alm Abdulrachman Saleh, dan keluarga Alm Agustinus Adisutjipto, KSAU memimpin upacara secara khidmat.

Ziarah ke Monumen Ngoto dilaksanakan setiap tahun sebagai bagian dari rangkaian peringatan Hari Bakti TNI AU yang jatuh pada 29 Juli. Tahun ini merupakan peringatan Hari Bakti TNI AU yang ke-71.

Setelah melaksanakan penghormatan kepada para arwah pahlawan TNI yang dimakamkan di Ngoto, KSAU melaksanakan prosesi peletakan karangan bunga untaian bunga melati, dan tabur bunga di kedua makam didampingi Ketua Umum Pia Ardhya Garini Ny Ayu Yuyu Sutisna.

Dispenau

Usai KSAU, para mantan KSAU yang terdiri dari Marsekal (Purn) Rilo Pambudi, Marsekal (Purn) Djoko Suyanto, dan Marsekal (Purn) Ida Bagus Putu Dunia serta keluarga pahlawan ikut melaksanakan prosesi tabur bunga.

Kadispenau Marsma TNI Novyan Samyoga di tempat acara menjelaskan kepada para wartawan, sejumlah kegiatan telah dilaksanakan dalam rangkaian peringatan Hari Bakti TNI AU ke-71. Di antaranya adalah bakti sosial di Tarakan, Kalimantan Utara beberapa waktu lalu. Selain pengobatan massal bagi masyarakat, TNI AU juga melaksanakan pembangunan sekolah dan pembangunan 98 panel surya (solar cell) di lima desa guna membantu kebutuhan listrik masyarakat.

Fery Setiawan

“Untuk bakti sosial tahun ini dilaksanakan di daerah perbatasan karena daerah perbatasan dinilai masih belum terjangkau dalam akses pelayanan,” ujar Kadispenau.

Ditambahkan, sebagai puncak dari peringatan Hari Bakti TNI AU ke-71, TNI Angkatan Udara akan melaksanakan napak tilas penerbangan pesawat yang menyimulasikan peristiwa pengeboman di Semarang, Salatiga dan Ambarawa serta upacara Purna Bakti Perwira yang memasuki masa pensiun.

(ERY)