AL Rusia Mulai Dinaskan Kapal Mata-mata Ivan Khurs

ANGKASAREVIEW.COM – Angkatan Laut Rusia secara resmi mendinaskan kapal mata-mata (spy ship) atau pengumpul informasi intelijen, Ivan Khurs. Kapal ini merupakan kapal kedua Project 18280 dari total empat kapal Yury Ivanov-class yang akan dibangun.

Upacara peresmian dinas Ivan Khurs dilaksanakan di galangan kapal Severnaya Verf, St. Petersburg, Senin (25/6/2018).

Sesuai fungsinya, Ivan Khurs didesain menjadi kapal mata-mata dan sebagai kapal pusat data dan informasi penting di lautan. Kapal ini mengumpulkan beragam informasi dan juga memainkan peran sentral distribusi signals intelligence (SIGINT), perang elektronik, serta manajemen armada.

Kantor Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan, Ivan Khurs akan bergabung menjadi kekuatan Armada Laut Hitam.

BACA  Penampakan Resmi Pesawat Misterius X-44A Buatan Lockheed Martin

Mulai dibangun pada November 2013 dan diluncurkan pada Mei 2017, Ivan Khurs (berbobot mati 4.000 ton) telah selesai menjalani seluruh rangkaian uji coba pada awal Juni 2018. Kapal yang diawaki oleh 130 pelaut ini telah menjelajah lautan sejauh 8.000 mil.

Berita lain: Rusia Akan Bangun Kapal Induk Penjelajah Berat Terbaru

Ivan Khurs diambil dari nama Laksamana Madya Ivan Khurs. Kapal ini memiliki dimensi 95 meter, lebar 16 meter, dan bobot mati 4.000 ton.

Untuk pertahanan diri Ivan Khurs dilengkapi dua senapan mesin tumpu MTPU kaliber 14,5 mm. Senjata ini cukup untuk menghalau sasaran kapal permukaan ringan hingga target bergerak pelan di udara hingga jarak 2.000 meter.

BACA  Disambut Positif, Abdulrachman Saleh Akan Jadi Nama RSUD Sleman Yogyakarta

Sementara untuk menghalau objek udara yang bergerak cepat seperti pesawat, kapal dengan panjang 95 meter dan lebar 16 metet ini dilengkapi enam peluncur rudal permukaan ke udara (SAM) 9K38 Igla (NATO: SA-18 Grouse). Sebanyak 32 rudal 9M39 dibawa sebagai munisinya.

RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *