Batalyon ISTAR AD Slovakia Terima Puluhan IFV Amfibi Baru

ANGKASAREVIEW.COM – Batalyon ISTAR (intelligence, surveillance, target acquisition, and reconnaissance) Angkatan Darat (AD) Slovakia menerima puluhan unit ranpur infanteri (infantry fighting vehicle/IFV) amfibi baru. Kendaraan ini dibekali dengan turret EVPU TURRA-30 yang bersistem kendali jarak jauh (remote control weapon system/RCWS).

Menteri Pertahanan Slovakia Peter Gajdoš menyerahkan 21 unit ranpur hasil upgrade tersebut kepada Kepala Staf Pertahanan Letjen Daniel Zmeko pada akhir Mei lalu. Kementerian Pertahanan Slovakia menyebutkan bahwa 10 unit lainnya diserahkan ke unit mekanis.

Disebutkan Gajdoš, secara total ada 35 IFV amfibi yang di upgrade akan dikirim dan sebagian sudah digunakan untuk pelatihan dan persiapan.

Gajdoš berharap, upgrade ini akan menambah usia pakai IFV setidaknya hingga 20 tahun ke depan. Setidaknya upgrade ranpur ini telah menghemat anggaran ketimbang pengadaan unit terbaru.

BACA  Wawancara Khusus Angkasa Review dengan Dirut PTDI di Singapore Airshow 2018

Sementara itu, Zmeko mengungkapkan bahwa kendaraan hasil upgrade ini akan meningkatkan kemampuan Batalyon ISTAR Slovakia, terutama kompi intai mereka.

Baca Juga:

Gerlach 4X4 Siap Berkompetisi dalam Pengadaan Ranpur Militer Slowakia

MT-LB Shturm-SM-2, Tank Penghancur Berbasis AFV Amfibi Buatan Ukraina

Upgrade ini sebagian masih berlangsung dan dilakukan oleh Konštrukta Defence, perusahaan Slovakia di bidang pertahanan. Menukil laman IHS Jane’s, ranpur amfibi yang di-upgrade ternyata BMP-1 Svatava. Unit BMP-1 yang dimiliki Slovakia merupakan versi modernisasi era tahun 1980an.

BMP-1 yang di-upgrade meliputi perombakan penuh sasis dan pemasangan turret EVPU TURRA-30 RCWS. Turret tersebut kini dilengkapi dengan sistem kendali tembakan, sistem peringatan laser, granat asap, fasilitas pengamatan komandan (dengan kamera TV penglihatan siang), kamera termal dan laser pengukur jarak.

BACA  Mengenal Pindad SS-2 V4, Senapan Serbu Sang Juara (Bagian-1)

IFV ini juga disematkan sistem navigasi inersia, pendingin ruang, unit pemanas independen, sistem pemadam kebakaran, serta sistem pencahayaan luar dan dalam terbaru. Sistem komunikasi dan informasi terbaru juga telah diintegrasikan.

Para awaknya pun dibekali kursi baru dan perangkat observasi yang lebih baik. Ranpur ini telah menerima modifikasi mekanis yang lebih modern untuk membawa peralatan dan perangkat baru.

Versi ISTAR ini dinamai dengan Bojové prieskumné vozidlo ISTAR/BPsVI (Combat Reconnaissance Vehicle). Dari namanya, tentunya kendaraan ini secara khusus diperuntukkan bagi Batalyon ISTAR. Kru kendaraan intai tempur ini terdiri dari komandan, pengemudi, penembak, pengintai dan dua kursi lagi untuk kru pendukung lainnya

(ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *