Erupsi Gunung Merapi Berdampak pada Delapan Penerbangan Lion Air Group

Lion AirRoni Sontani/AR

ANGKASAREVIEW.COM – Lion Air Group yang membawahi maskapai Lion Air, Batik Air, Wings Air di Indonesia menginformasikan bahwa delapan penerbangan mereka dari dan ke Bandar Udara Internasional Adisutjipto, Yogyakarta (JOG) terdampak dengan adanya erupsi Gunung Merapi pagi (Jum’at, 11/5/2018) tadi sekitar pukul 7.32 WIB.

AirNav Indonesia menerbitkan Notice to Airmen (NOTAM) nomor B3564/18 dan mulai 10.42 WIB hingga pukul 11.10 WIB Bandara Internasional Adisutjipto ditutup. Penutupan ini dilakukan akibat dari gangguan debu vulkanik terhadap penerbangan di bandara tersebut.

Melihat situasi yang masih belum memungkinkan, penutupan bandara Adisutjipto pun diperpanjang 30 menit atau hingga pukul 11.40 WIB.

Baca Juga:

Erupsi Gunung Merapi: Ini Daftar Penerbangan AirAsia yang dibatalkan

Erupsi Gunung Merapi: Garuda Batalkan 14 Penerbangan dari dan ke Yogyakarta

Namun sesuai pengumuman resmi dari otoritas bandar udara (notam) nomor No. B3565/18, operasional bandar udara kembali dibuka pukul 14.17 WIB.

Penerbangan Lion Air Group akan menyesuaikan dengan keputusan otoritas bandar udara dan airport dinyatakan aman untuk penerbangan.

Hingga pukul 14.17 WIB, jaringan rute Lion Air Group yang terdampak, yaitu:

  • Batik Air ID 7531 Jakarta Halim Perdanakusuma – Yogyakarta
  • Batik Air ID 7368 Cengkareng – Yogyakarta
  • Lion Air JT 569 Denpasar – Yogyakarta
  • Lion Air JT 522 Yogyakarta – Banjarmasin
  • Lion Air JT 565 Yogyakarta – Cengkareng
  • Lion Air JT 276 Yogyakarta – Pekanbaru
  • Lion Air JT 669 Balikpapan – Yogyakarta
  • Wings Air IW 1844 Yogyakarta – Surabaya

Untuk menjamin keselamatan dan keamanan penerbangan, operasional Lion Air Group sempat mengalami penyesuaian yang menimbulkan keterlambatan dan penundaan terbang. Lion Air Group telah memberikan informasi kepada seluruh pelanggan yang terganggu perjalannya dan memperbarui sesuai perkembangan.

(ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *