Sisu GTP 4×4, Ranpur Pengganti Panser Gaek Pasi 6×6

ANGKASAREVIEW.COM – Sisu Auto melalui anak perusahaannya Sisu Defense memperkenalkan kendaraan lapis baja baru yang dinamai GTP 4×4 dalam Auto 2018, sebuah pameran otomotif terbesar di wilayah Baltic States yang berlangsung di Kipsala, Riga, Latvia tanggal 6-18 April 2018 lalu.

Pabrik truk asal Finlandia yang berdiri sejak 1931 ini menyiapkan GTP 4×4 sebagai pengganti panser APC gaek Sisu Pasi 6×6 (diproduksi juga oleh pabrik Patria) buatan tahun 1980-an. Desain GTP mewarisi Pasi pendahulunya yang mengutamakan kesederhanaan dan ketangguhan.

Fitur unggulan yang ditawarkan GTP adalah struktur backbone dan kabin awak yang terpisah atau bersifat modular sehingga dapat dikembangkan menjadi berbagai varian. Kendaraan ini berdimensi panjang 6 m, lebar 2,5 m dan tinggi 2,5 serta bisa menampung 16 awak termasuk sopir dengan muatan hingga 4.500 kg.

Untuk melahap medan ekstrem, GTP menerapkan suspensi independen dengan ban ukuran 365/80 R20, lalu mekanisme penguncian diferensial pada setiap roda serta dilengkapi rem cakram pneumatik dengan ABS.

Kendaraan berbobot 14 ton ini digerakkan oleh mesin diesel enam silinder buatan Cummins dengan transmisi otomatis enam percepatan yang sanggup melaju di jalan rata 100 km/jam. Dengan tangki bbm penuh dapat menjangkau jarak hingga 700 km.

SISU Auto

Sebagai persenjataan beladiri, GTP bisa dilengkapi berbagai senjata berupa senapan mesin kaliber 7,62 mm, kaliber 12,7 mm atau pelontar granat otomomatis AGL 40 mm. Sistem persenjataan ditawarkan dengan pilihan dioperasikan manual atau dikendalikan dari jauh (RCWS).

Saat ini Sisu GTP sedang diikutkan dalam kompetisi pengadaan ranpur jenis MRAP untuk militer Latvia, yang harus bersaing dengan tujuh kontestan lainnya. Di antaranya Paramount Marauder dari Afrika Selatan, Oshkosh L-ATV dari Amerika Serikat, dan produk lokal buatan Latvia yang diwakili perusahaan AS UPB.

PMPV sisu auto

Militer Finlandia sendiri lebih tertarik menggantikan panser Pasi 6×6-nya dengan PMPV (Protected MultiPurpose Vehicle) yang juga dibuat oleh Sisu Defence. Prototipe ranpur jenis MRAP (Mine-Resistant Ambush Protected) yang dijuluki Misu ini diperkenalkan pada 2015.

Misu dilengkapi penggerak 6×6 dan dapur pacunya mengandalkan mesin diesel buatan Cummins kapasitas 6.700cc berdaya 285 hp yang dikawinkan dengan trasmisi otomatis enam percepatan buatan Allison. Kendaraan berbobot 24 ton ini bisa menampung 12 awak termasuk sopir dan muatan hingga 10.000 kg.

Tahun 2017 PMPV Misu telah dipesan oleh Kemhan Finlandia sebanyak empat unit. Keempatnya akan diuji dan dievaluasi oleh militer Finlandia selama dua tahun penuh pada 2018-2020 sebelum diputuskan untuk masuk jalur produksi. RANGGA BASWARA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *