KRI Usman-Harun -359 Latihan dengan Kapal Jerman di Laut Mediterania

Wikipedia

ANGKASAREVIEW.COM – Kapal Republik Indonesia (KRI) Usman-Harun – 359 yang dioperasikan TNI Angkatan Laut melaksanakan latihan dengan kapal Angkatan Laut Jerman FGS Magdeburg F 261 di Laut Mediterania, Sabtu (14/3).

Kedua kapal jenis korvet tersebut melaksanakan latihan mailbag transfer, yakni latihan pembekalan di laut (replenishment at sea) di mana satu kapal yang bertindak sebagai pemberi memindahkan logistik ke kapal lain sebagai kapal penerima.

Komandan KRI Usman-Harun yang juga Komandan Satgas Maritime Task Force (MTF) TNI XXVIII-J/UNIFIL Kolonel Laut (P) Alan Dahlan, S.H., M.Si., menerangkan, latihan dilaksanakan dengan tujuan memberikan perbekalan kepada unsur kapal yang membutuhkan tambahan dukungan logistik dan agar dapat tetap melaksanakan tugas operasi di laut tanpa harus melaksanakan bekal ulang di pangkalan.

Via Puspen TNI

Lebih lanjut dikatakan, latihan diselenggarakan untuk meningkatkan profesionalisme prajurit  pengawak kapal perang  dan untuk mempererat hubungan diplomasi Angkatan Laut Indonesia dengan Angkatan Laut Jerman.

Dalam latihan ini, Satgas MTF TNI Konga XXVIII-J/ UNIFIL melibatkan 94 prajurit pengawak KRI Usman-Harun, satu perwira intelijen, satu perwira psikologi, satu dokter, satu perwira penerangan, satu personel Kopaska, dan satu personel penyelam.

JerryE

KRI Usman-Harun diberangkatkan menuju Lebanon dari Dermaga Madura, Koarmatim, Ujung Surabaya pada 24 Juli 2017. Kapal buatan BAE Systems Marine ini melaksanakan tugas MTFXXVIII-J/UNIFIL menggantikan KRI Bung Tomo-347 yang telah melaksanakan tugas selama setahun sebelumnya. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *