Brazil Beli HMS Ocean, Kapal Serbu Amfibi Bekas AL Inggris

ANGKASAREVIEW.COM – Kementerian Pertahanan Brazil mengumumkan pembelian kapal serbu amfibi (amphibious assault ship) HMS Ocean (L12) bekas pakai Angkatan Laut Inggris (Royal Navy).

Pembelian senilai 84 juta poundsterling tersebut diumumkan oleh Direktur Umum Material Laut Admiral Luiz Henrique Caroli di Plymouth, Inggris (19/2/2018). Turut hadir dalam acara itu perwakilan dari Kementerian Pertahanan Inggris dan AL Brazil.

HMS Ocean yang berbobot mati 21.500 ton telah digunakan oleh Royal Navy selama 20 tahun sejak 1998. Kapal ini berfungsi sebagai pembawa armada helikopter dan menjadi kapal pendarat pasukan Marinir Inggris (Royal Marines). Kapal juga biasa digunakan untuk mengangkut logistik militer.

Selain disiagakan untuk operasi militer, HMS Ocean  melaksanakan operasi kemanusiaan seperti saat membantu para korban badai Hurricane Irma di Karibia beberapa waktu lalu.

BACA  ‘Jalan-jalan’ ke wilayah Amerika Utara, Tu-142 dicegat F-22 dan CF-18

Direncanakan, proses penyerahan HMS Ocean kepada Angkatan Laut Brazil akan dilaksanakan mulai 29 Juni mendatang dan selesai pada akhir Juli. Kapal akan tiba di Brazil pada Agustus dan setelah itu para awal kapal AL Brazil akan melaksanakan pelatihan intensif dengan bimbingan dari AL Inggris, pihak industri, dan mitra pembuat kapal.

Sebelum diserahkan, HMS Ocean terlebih dahulu akan menjalani perawatan di galangan kapal Inggris.

Di Al Brazil, HMS Ocean akan digunakan sebagai kapal pembawa heli SH-16 Seahawk, UH-15A/B Cougar, AH-11B Lynx, UH-12/13 Squirrel, IH-6B JetRanger III and UH-14 Super Puma. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *