Angkatan Udara Nigeria Berencana Kembangkan UAV Bersenjata

ANGKASAREVIEW.COM – Angkatan Udara (AU) Nigeria berencana membangun UAV (unmanned aerial vehicle)  bersenjata. Hal tersebut diumumkan langsung oleh Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Nigeria, Marsekal Udara Sadique Abubakar dalam upacara yang digelar, Kamis (15/2/2018) yang menandai dilakukannya induksi ke dalam peralatan UAV Tsaigumi.

“Tsaigumi hanyalah batu loncatan untuk mencapai titik yang lebih tinggi. Tahap selanjutnya dalam program UAV kami akan membangun Ichoku, UCAV (unmanned combat aerial vehicle) pertama Nigeria yang dibangun secara mandiri,” terang Abubakar.

Baca Juga:

Saudi Bicarakan Kemungkinan Beli UAV Anka dari Turki

Bikin Kejutan Lagi, Iran Luncurkan UCAV Terbaru Mohajer-6

Tsaigumi merupakan UAV yang dibangun oleh para teknisi Nigeria yang berkolaborasi dengan perusahaan dirgantara asal Portugis, UAVision. UAV ini akan digunakan untuk keperluan operasi intelijen, pengawasan dan pengintaian, baik di darat maupun di laut.

BACA  Disaksikan Ryamizard, Dua Unit NC212i dari PTDI Diserahterimakan ke AU Filipina

Kapten Grup yang mengepalai penelitian AU Nigeria mengatakan bahwa airframe UAV diproduksi oleh 431 Engineering Group yang bermarkas di Pangkalan Udara Kaduna. Sementara UAVision memasok menyediakan banyak aspek teknis, termasuk peralatan avionik dan telemetri.

Dilengkapi dengan sistem elektro-optik yang mencakup kamera inframerah, Tsaigumi memiliki daya tahan operasional lebih dari 10 jam. UAV ini mampu terbang hingga ketinggian 15.000 kaki dengan radius misi 100 km. UAV ini mampu terbang dengan bobot lepas landas maksimum 80 kg.

Pejabat lainnya mengatakan bahwa Tsaigumi baru-baru ini telah menunjukkan demonstrasi kemampuannya selama latihan ‘Hard Strike’ pada 10 Februari lalu. UAV ini disimulasikan melaksanakan misi SAR tempur untuk menyelamatkan pilot yang jatuh. (ERY)

BACA  Gantikan Safaron, Pasukan Pertahanan Israel Akan Dapatkan Panther APC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *