Potensial Dikembangkan, Ranpur PJD Motoris Kreasi Dislitbangad

Roni Sontani

ANGKASAREVIEW.COM – Dinas Penelitian dan Pengembangan Angkatan Darat (Dislitbangad) banyak melahirkan ide, inovasi, dan produk kreasi guna mendukung kemajuan TNI AD. Dari sejumlah produk yang dihasilkan, salah satu yang terbaru adalah prototipe Kendaraan Pertempuran Jarak Dekat (PJD) Motoris.

Ranpur PJD Motoris dibuat oleh Laboratorium Dislitbangad yang berada di Batujajar, Kabupaten Bandung. Programnya masuk dalam Litbanghan TA 2017. Proses pengerjaan dimulai dengan studi literatur, rancang bangun, pembuatan, hingga uji coba.

Namanya produk kreasi, Dislitbangad mencoba memadu-padankan bahan-bahan material yang ada untuk mewujudkan prototipe Ranpur PJD Motoris. Untuk sasis kendaraan, Dislitbangad memanfaatkan sasis jip Land Rover. Sementara untuk dapur pacu digunakan mesin Toyota 13B 3.400cc.

Roni Sontani

Guna meraih embel-embel sebagai kendaraan tempur (ranpur), kendaraan ini pun dilengkapi dengan persenjataan. Tanpa senjata, kendaraan ini lebih pas masuk kategori kendaraan taktis (rantis).

Maka dari itu, satu senapan mesin otomatis kaliber 7,62mm pun disematkan pada kendaraan roda empat ini. Dudukan untuk senepan mesin tersebut diletakkan di atas kabin depan kendaraan. Sementara untuk operator senjata cukup berdiri di kabin terbuka bagian belakang atau diberi tambahan tempat duduk.

Di kabin belakang, juga disediakan ruang untuk mengangkut dua sepeda motor trail jenis KLX 250cc. Dislitbangad menambahkan alat penjepit bagi roda motor trail sehingga memudahkan sekaligus menguatkan penempatannya.

Dislitbangad

Tidak ketinggalan, sliding atau papan untuk proses naik-turun sepeda motor juga dibuat. Operator tinggal menarik dan mendorong papan sliding ini saat akan digunakan. Sementara di bagian sisi samping kiri-kanan bodi, tersedia bilah pijakan bari personel yang akan turut melaksanakan misi. Kendaraan dapat dimuati 12 personel berikut membawa dua sepeda motor.

Kepala Laboratorium Dislitbangad Kolonel Cpl Simon P. Kamlasi menjelaskan,¬†Ranpur PJD motoris dibuat sebagai salah satu inovasi/kreasi dari Dislitbangad. “Diharapkan, nantinya kendaraan ini dapat digunakan oleh satuan operasional guna mendukung tugas-tugas TNI,” ujarnya kepada Angkasa Review awal Januari lalu. RONI SONTANI

One Reply to “Potensial Dikembangkan, Ranpur PJD Motoris Kreasi Dislitbangad”

  1. Bismillah baguslah inovasi ini,coba juga kita kembang radar stealth dan tidak terdekteksi oleh pesawat tempur,rudal,maupun satelit.kalo kita sudah mampu membuat truk amphibi coba diproduksi masal artinya TNI.AL,AD,maupun AU memiliki setidaknya tiap tiap angkatan memiliki 20 unit.alasan utamanya disaat pendemi corona kita bisa membedayakan ekonomi rakyat dengan menampung tenaga kerja anak anak muda,TNI bisa memesan hasil karya inovasinya dengan produksi masal tersebut,stelah terpenuhi sampai 2030 baru kita coba jual buat TUDM,dan angkatan bersenjata negara lain.yuk kita coba atasi krisis ekonomi dengan berdayakan anak anak bangsa untuk memproduksi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *