Salam Komando, Marsekal Yuyu Mulai Jalani Tugas Sebagai KSAU

ANGKASAREVIEW.COM – Marsekal TNI Yuyu Sutisna, S.E., S.Sos., M.M., per hari Jumat (19/1/2018) mulai menjalani tugas sebagai Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU). Ia menjadi KSAU ke-22 menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.IP yang saat bersamaan telah menjabat sebagai Panglima TNI.

Upacara serah terima jabatan KSAU dari Marsekal Hadi kepada Marsekal Yuyu dilaksanakan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Jumat pagi. Acara dihadiri KSAD, KSAL, Wakapolri, para mantan KSAU, dan para pejabat serta undangan lainnya.

Sebelumnya, pada Rabu, 17 Januari 2017, Wakil KSAU Marsekal Madya TNI Yuyu Sutisna telah dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta menjadi KSAU dan langsung diberikan kenaikan pangkat menjadi Marsekal TNI.

Baca juga: Lupakan Sejenak S-400 Triumf, Rusia Tengah Kembangkan S-500 Prometheus

Sekilas tentang Yuyu Sutisna, penerbang tempur F-5E/F Tiger II dari Skadron Udara 14 Lanud Iswahjudi ini merupakan alumni SMAN 1 Cicalengka, Bandung. Ia kemudian melanjutkan pendidikan ke Akademi Angkatan Udara (AAU) di Yogyakarta dan lulus pada tahun 1986.

Tahun 1987, Yuyu lulus Sekolah Penerbang (Sekbang) Angkatan Udara. Dua tahun kemudian ia lulus dari Pendidikan Transisi pesawat F-5E/F.

Kariernya sebagai penerbang F-5 tidak diragukan lagi dengan pencapaian angka 2.000 jam terbang di pesawat tempur buru sergap tersebut. Tahun 2001 hingga 2003 ia pun dipercaya menjadi Komandan Skadron Udara 14.

Suharso Rahman

Terlahir dari keluarga sederhana di Bandung pada 10 Juni 1962, Yuyu punya prestasi yang membanggakan di berbagai sekolah dan pendidikan.

Tahun 1996 Yuyu lulus terbaik Sekkau Angkatan ke-59. Kemudian pada pendidikan Seskoau Angkatan ke-36 tahun 2000 ia pun menjadi lulusan terbaik.

Selanjutnya pada pendidikan Sesko TNI Angkatan ke-37 tahun 2010, Yuyu menjadi lulusan terbaik TNI AU dan peringkat ketiga terbaik untuk umum. Dan, pada Kursus Lemhannas Angkatan 19 tahun 2013, suami dari Ayuning Dewanti dan ayah tiga anak ini lulus terbaik untuk TNI dan Polri serta peringkat kedua terbaik untuk umum.

Baca juga: Kecil Kemungkinan Amerika Berikan Teknologi Kunci F-16 kepada India

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dalam amanatnya mengatakan, amanah yang telah diberikan kepada Marsekal TNI Yuyu Sutisna sebagai KSAU semoga dapat memberikan manfaat bagi TNI AU, bangsa, dan negara.

“Atas nama seluruh prajurit TNI, saya menyambut bangga serta ucapan selamat untuk mengemban tugas dan tanggung jawab yang diembankan negara dengan sebaik-baiknya,” kata Hadi Tjahjanto.

Usai upacara Panglima TNI dan KSAU melakukan salam komando, sekaligus menandai bahwa amanah dan kerja mulai dijalankan. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *