Perkuat Armada Laut Hitam, Kemhan Rusia Terima Fregat Admiral Makarov

TASS

ANGKASAREVIEW.COM – Kementerian Pertahanan Rusia menerima kapal fregat ketiga Project 11356 Admiral Makarov. Kapal yang dibuat di galangan Yantar Shipyard di sebelah barat Kaliningrad Region itu diserahterimakan pada 25 Desember 2017.

Juru Bicara Yantar Shipyard Sergei Mikhailov mengatakan, sertifikasi kapal telah ditandatangani oleh CEO Yantar Shipyard Eduard Yefimov dan pejabat tertinggi Komisi Penerimaan Kemhan Rusia Captain 1st Rank, Alexei Poteshkin.

Sebelumnya, uji coba laut fregat Admiral Makarov telah dilaksanakan pada Oktober 2016 di Laut Baltik dan Laut Barents. Selama proses uji, manuver-manuver yang dilakukan kapal ini berlangsung mulus. Seluruh sistem telah berfungsi dengan baik.

Sementara itu peresmian penggunaan fregat Admiral Makarov dilaksanakan pada 27 Desember dihadiri para pejabat perwakilan dari Kemhan Rusia, United Shipbuilding Corporation, serta para pejabat terkait lainnya.

Admiral Makarov mulai dibuat di Yantar Shipyard pada 29 Februari 2012. Kapal berbobot mati 4.000 ton ini didesain mampu membawa beragam persenjataan rudal dan artileri untuk pertahanan udara serta beragam persenjataan antikapal selam.

Kapal dengan panjang 125 meter dan berkecepatan laju hingga 30 knot ini mampu mengarungi lautan selama 30 hari nonstop.

Dua kapal pendahulu Project 11356, Admiral Grigorovich dan Admiral Essen, juga dibangun di Yantar Shipyard. Kedua kapal telah dioperasikan masing-masing pada 11 Maret 2016 dan 7 Juni 2016. Saat ini kedua kapal menjadi kekuatan Armada Laut Hitam Rusia. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *