Saab Bantu Korea Selatan Bangun Radar AESA untuk KF-X

ANGKASAREVIEW.COM – Industri pertahanan dan keamanan Swedia, Saab, membantu Korea Selatan dalam membangun radar elektronik pemindai aktif (active electronically scanned array – AESA radar).

Sebagaimana diketahui, Korea Selatan tengah berupaya membuat radar aktif untuk jet tempur dalam negeri KF-X.

Pembuatan radar dipimpin oleh tim dari Badan Pengembangan Pertahanan (ADD) Korea Selatan. Tim Saab mendukung dalam pengembangan algoritma dan evaluasi radar.

Untuk kerja sama yang dituangkan dalam kontrak LIG Nex1 ini, Saab mendapatkan bayaran senilai MSEK 125 atau setara 25 juta dolar AS.

Atas kerja sama ini Saab mengaku bangga dan menjadikan Korea Selatan sebagai mitra berharga.

“Republik Korea Selatan merupakan mitra berharga. Kami sangat bangga bisa bekerja sama dalam hal pembuatan radar AESA,” kata Anders Carp dalam keterarang resmi SAAB, 22 Desember.

BACA  Sambangi Enam Kota di Indonesia, STPI Curug Gelar Diklat Pemberdayaan Masyarakat secara Gratis

Bagi Saab, lanjut Carp, hal ini merupakan pencapaian penting dan sekaligus menunjukkan bahwa Saab merupakan mitra yang penting pula.

Saab menyatakan, dengan pengalaman 80 tahun dalam bisnis pesawat tempur, pihaknya memahami segala aspek kompleksitas desain, perwujudan, dan integrasi pesawat tempur dengan subsistem perangkat-perangkatnya. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *