Dalam Satu Sorti A400M Sukses “Suntik” 6 F/A-18 Hornet di Udara

ANGKASAREVIEW.COM – Satu pesawat tanker A400M buatan Airbus Military berhasil melaksanakan pengisian bahan bakar di udara (air refueling) terhadap enam F/A-18 Hornet Angkatan Udara Spanyol.

Proses “penyuntikan” bahan bakar itu berlangsung dalam satu sorti misi penerbangan pada 13 Desember lalu. Kegiatan ini sekaligus dalam upaya memperoleh sertifikat kelaikan faktor manusia dalam proses air refueling.

Jet tempur F/A-18A/B Hornet AU Spanyol baru pertama kali menerima pengisian bahan bakar di udara dari pesawat A400M. Kawanan “tawon” ini sehari-hari dioperasikan oleh Pusat Uji AU Spanyol dan Wing Operasional ke-12 di Torrejón.

Spanish Air Force

Total sebanyak 11,4 ton bahan bakar disalurkan dari A400M ke enam F/A-18 menggunakan dua perangkat selang di bawah sayap.

BACA  Centaur (6x6), UGV Multi Peran Besutan Horiba Mira

A400M Atlas dibuat oleh Airbus Military sebagai pesawat angkut multiguna. Pesawat ini selain dapat digunakan untuk mengangkut kargo, juga memindahkan pasukan, evakuasi medik, dan sebagai pesawat tanker.

Salah satu kelebihan pesawat ini adalah mampu mendarat dan lepas landasan di landasan yang pendek.

A400M terbang perdana pada 11 Desember 2009 dari Seville, Spanyol. Pengiriman pertama A400M dilaksanakan oleh Airbus kepada Angkatan Udara Perancis pada Agustus 2013. RONI SONTANI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *