Cougar MRAP pesanan Polandia dari AS telah tiba

Cougar MRAP_Polish MoD

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Menurut informasi yang dipublikasikan di akun Twitter Menteri Pertahanan Polandia Mariusz Błaszczak pada 2 Juli 2022, batch pertama 140 unit Cougar MRAP yang dipesan dari Amerika Serikat telah tiba di negaranya.

Diketahui, pada Desember 2021 Kementerian Pertahanan Polandia menandatangani perjanjian terkait pembelian 300 unit Cougar MRAP termasuk paket logistik dan pelatihan.

MRAP buatan perusahaan Force Protection Inc. yang dibeli Polandia ini merupakan surplus dari Angkatan Darat Amerika Serikat.

Sebagai ranpur antiranjau, Cougar MRAP mengadopsi desain bodi monocoque dan lambung berbentuk V berfungsi untuk mengarahkan ledakan menjauh dari bawah kendaraan.

Ranpur berbadan bongsor ini mampu menahan ledakan ranjau dan IED (bahan peledak improvisasi) setara 14 kg TNT di bawah roda dan 7 kg TNT di bawah perutnya.

Force Protection Inc. memproduksi dua varian utama. Pertama berpenggerak 4X4 dengan panjang 5,9 m, berbobot 14,5 ton yang dapat diawaki enam orang.

Varian kedua berpenggerak 6X6, dengan panjang keseluruhan 7,08 m, berbobot 17 ton, bisa membawa 10 prajurit.

Untuk senjata beladiri, baik Cougar 4×4 maupun 6×6 dibekali kubah berawak yang mengoperasikan senapan mesin kaliber 12,7 mm secara manual.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *