Tinggal Sepertiganya, Total Target 4.050 Peserta DPM STPI Akan Tercapai

DPM STPISTPI
ROE

ANGKASAREVIEW.COM – Sekolah Tinggi Penerbangan Indonesia (STPI) Curug menargetkan selama tahun 2018 akan menyelesaikan Program Diklat Pemberdayaan Masyarakat (DPM) bagi 4.050 orang. Hingga diklat terbaru yang digelar hari ini (Senin, 10/10/2018), sekolah penerbangan tertua di Indonesia ini telah menyelesaikan 2/3 dari total target.

DPM merupakan salah satu Program Strategis Nasional (PSN) yang dicanangkan pemerintah. Segenap jajaran kementerian melalui unit pelaksana teknis di bawahnya kemudian menggelar Program DPM yang utamanya memberikan kursus gratis kepada masyarakat yang berada di sekitar instalasi milik pemerintah.

stpiSTPI

Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM Indonesia agar memiliki keterampilan dan keahlian yang mendorong mereka untuk bersaing di dunia kerja maupun berwirausaha.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendapatkan alokasi anggaran untuk menggelar diklat bagi 100.000 masyarakat. Pelaksanaan diklat melalui jajaran sekolah di bawah Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Perhubungan. Secara parsial, sekolah matra darat ditargetkan menggelar DPM untuk 19.990 orang, sekolah matra laut 60.010 orang dan sekolah matra udara 20.000 orang.

Baca Juga:

Diikuti 420 Warga Serang, DPM STPI Curug Dibuka Kepala BPSDM Perhubungan

STPI Curug Kembali Selenggarakan Diklat Pemberdayaan Masyarakat, Kali Ini di Palangkaraya

Secara khusus, beberapa target dan sasaran program DPM dari Kemenhub di antaranya adalah meningkatkan keselamatan, keamanan dan pelayanan transportasi melalui diklat-diklat keselamatan transportasi yang digelar untuk para operator dan regulator yang ada di daerah dan wilayah. Sementara diklat untuk masyarakat umum, diharapkan mereka akan lebih memahami tentang keselamatan dan keamanan transportasi sehingga dapat membantu menjaganya.

“BPSDM perhubungan sampai dengan bulan September telah mendidik masyarakat (Program DPM) sebanyak 62.071 orang dari tiga matra yang tersebar di seluruh Indonesia. STPI telah menyelesaikan 2.700 orang dari target sebanyak 4.050 orang,” terang Kepada BPSDM Perhubungan Kemenhub, Ir. Umiyatun Hayati Triastusi, M.Sc. dalam pidatonya saat membuka upacara DPM STPI Curug hari ini.

warga serangSTPI

Ia melanjutkan, khusus untuk DPM bagi masyarakat umum yang digelar STPI telah mendidik 1.213 masyarakat. Diklat ini terbagi dalam tiga pelatihan yang berbeda, yakni Teknik Las Listrik Lingkungan Bandar Udara, Teknik Instalasi Listrik Lingkungan Bandar Udara dan Perawatan AC Lingkungan Bandar Udara.

“Hasil ini tentu saja tidak membuat kita besar diri, karena tugas belum selesai,” tutup Hayati.

(ERY)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *