Rostec: Desain Su-75 Checkmate dimodifikasi untuk mengoptimalkan biayanya

Su-75 CheckmateIstimewa
ROE

JET TEMPUR taktis ringan bermesin tunggal Su-75 Checkmate yang dikembangkan oleh United Aircraft Corporation (UAC), bagian dari Rostec State Corporation, mengalami perubahan teknis untuk mengoptimalkan biayanya. Hal ini berdasarkan masukan dari pembeli potensial jet ini.

Hal ini sekaligus memungkinkan untuk meningkatkan kinerja kompetitif dan daya tarik komersialnya, serta mengurangi risiko teknis sekaligus menciptakan pesawat bermesin tunggal buatan dalam negeri

Boeing_contoh2

“United Aircraft Corporation milik Rostec menerima masukan dari pembeli potensial mengenai proyek Checkmate. Selain menerima persyaratan tambahan, yang diungkapkan oleh pembeli potensial, upaya dilakukan untuk mengoptimalkan biaya dan menganalisis solusi teknis tertentu. Hal ini memungkinkan untuk meningkatkan kinerja kompetitif dan daya tarik komersialnya, serta mengurangi risiko teknis sekaligus menciptakan pesawat bermesin tunggal buatan dalam negeri,” kata Rostec dikutip Kantor Berita Rusia TASS.

Perusahaan mengatakan bahwa karena desain modular pesawat dan penggunaan teknologi digital modern, perubahan teknis dapat dilakukan dalam jangka waktu sesingkat mungkin. Namun Rostec tidak menjelaskan perubahan desain dari Su-75 dimaksud.

Direktur Layanan Federal untuk Kerja Sama Militer dan Teknis Rusia (FSCTC) Dmitry Shugayev sebelumnya mengatakan bahwa FSCTC sedang berkonsultasi dengan beberapa pelanggan asing mengenai kerja sama sebagai bagian dari proyek Checkmate.

Menteri Perindustrian dan Perdagangan Rusia Denis Manturov juga mengatakan bahwa pelanggan asing menunjukkan minat mereka terhadap pesawat tempur tersebut. Dalam pernyataannya, para insinyur Rusia telah membuat penyesuaian terhadap tata letak, kontrol, dan sistem persenjataan pesawat berdasarkan masukan mereka.

Pesawat tempur taktis ringan Su-57 Checkmate yang dikembangkan oleh Sukhoi Aircraft Company (anak perusahaan UAC, Rostec) diresmikan pada pertunjukan udara internasional MAKS 2021 yang diadakan di kota pinggiran kota Zhukovsky di luar Moskow.

Presentasi luar negeri pesawat tempur baru tersebut berlangsung di Dubai Airshow 2021 di Uni Emirat Arab. Pesawat tempur baru yang dibuat oleh raksasa teknologi negara Rusia Rostec atas inisiatifnya sendiri merupakan turunan dari pesawat tempur generasi kelima Su-57.

Pada Juli 2023, dilaporkan bahwa pesawat tersebut dipatenkan oleh UAC dalam tiga versi: kursi tunggal, pesawat latih tempur dua kursi, dan tanpa awak.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *