Spanyol memesan 16 Airbus C295 dalam konfigurasi Patroli Maritim (MPA) dan Pengawasan Maritim (MSA): Kontrak senilai 1,695 miliar euro

Spanyol memesan C295 MPA dan C295 MSA ke AirbusAirbus
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kementerian Pertahanan Spanyol telah memesan 16 unit pesawat Airbus C295 dengan konfigurasi Maritime Patrol Aircraft (MPA) dan konfigurasi Maritime Surveillance Aircraft (MSA). Kontrak tersebut berjumlah €1,695 miliar.

Pesawat baru ini akan memungkinkan Angkatan Udara dan Antariksa Spanyol serta Angkatan Laut Spanyol untuk memperkuat kemampuan perang antikapal selam nasional serta meningkatkan unit pengawasan, pengintaian dan pencarian & penyelamatan.

Boeing_contoh2

“Pesawat ini akan sepenuhnya dirancang dan diproduksi di Spanyol, mendorong jejak dan kedaulatan pertahanan industri nasional” kata Mike Schoellhorn, CEO Airbus Defence and Space seperti diberitakan Airbus di lamannya.

“Secara khusus, versi Patroli Maritim merupakan konfigurasi misi C295 yang paling kompleks hingga saat ini. Sebuah proyek pengembangan besar yang akan menyatukan teknologi terbaru untuk memberikan keuntungan operasional kepada pelanggan kami,” lanjut dia.

Kontrak tersebut juga mencakup sistem pelatihan (Full Flight Simulator dan Mission System Simulator) dan paket dukungan logistik awal.

C295 MPA akan menjalankan misi yang dilakukan oleh armada P-3 Orion, yang telah dipensiunkan pada akhir tahun 2022.

Pesawat ini akan diperlengkapi untuk melakukan misi antikapal selam, peperangan antipermukaan, serta misi intelijen, pengawasan, dan pengintaian.

Demikian pula, kapal ini akan mampu membawa persenjataan seperti torpedo dan jenis sistem senjata lainnya.

Konfigurasi MPA akan sangat terhubung dan dapat beroperasi dalam mode kolaboratif dengan platform lain di domain berbeda.

Pesawat ini dapat menjadi pusat komando dan kendali terbang, memberikan Angkatan Bersenjata Spanyol keserbagunaan untuk melaksanakan berbagai misi.

C295 MSA adalah pengganti alami untuk armada pesawat CN235 VIGMA, yang telah beroperasi dengan Angkatan Udara dan Antariksa Spanyol sejak tahun 2008.

Pesawat ini terutama akan diperlengkapi untuk operasi maritim dan darat seperti anti-penyelundupan, anti-ilegal, operasi imigrasi, dan anti-perdagangan narkoba, serta misi pencarian dan penyelamatan nasional dan internasional.

Airbus menyebut akan ada sinergi tingkat tinggi antara kedua konfigurasi. Angkatan Udara dan Antariksa Spanyol juga mengoperasikan 13 armada Airbus C295 dalam konfigurasi transportasi.

Pesawat tersebut akan dirakit di fasilitas militer Airbus di Seville, Spanyol.


-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *