Thales akan memasok satu unit radar jarak jauh GM400α ke Angkatan Udara Kerajaan Malaysia

Radar GM400αThales

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Thales dari Prancis telah mendapatkan kontrak untuk penyediaan satu unit sistem radar jarak jauh GM400α yang mutakhir beserta infrastruktur stasiun yang komprehensif kepada Angkatan Udara Kerajaan Malaysia (TUDM/RMAF).

Kontrak pengadaan secara resmi disahkan pada 8 Desember 2023, disaksikan Menteri Pertahanan Malaysia dan Menteri Angkatan Bersenjata Perancis, tulis Thales di lamannya.

Pemilihan sistem radar GM400α Thales dilaksanakan usai serangkaian uji langsung yang sukses yang menggarisbawahi kinerja luar biasa dalam meningkatkan kemampuan pengawasan udara dan pertahanan udara.

Dikatakan, radar GM400α memiliki kekuatan pemrosesan lima kali lebih besar, peningkatan jangkauan instrumen lebih dari 10% (515 km), dan menggabungkan kemampuan kecerdasan buatan yang canggih.

Radar GM400α telah digunakan di lebih dari 20 negara. Sistem radar ini telah terbukti di lapangan dan diakui keungulannya secara global, menurut perusahaan.

François-Xavier Boutes, Country Director Thales untuk Malaysia, menyatakan antusiasmenya terhadap pemilihan radar GM400α Thales oleh Angkatan Udara Kerajaan Malaysia.

Dia menyoroti kontrak tersebut sebagai bukti kepemimpinan Thales di bidang radar dan tonggak penting dalam kisah sukses jangka panjang yang dimulai pada tahun 2009.

Saat itu Malaysia menjadi pelanggan pertama radar pendahulunya, GM400.

Boutes lebih lanjut menekankan bahwa kontrak baru ini tidak hanya memperkuat kerja sama pertahanan antara Perancis dan Malaysia namun juga memperkuat komitmen Thales terhadap kedaulatan udara Malaysia, mengingat kehadiran bersejarah dan pangkalan lokal yang kuat.

Di era yang ditandai dengan beragam ancaman dan konflik yang terus berkembang, GM400α menjawab kebutuhan akan Recognized Air Picture (RAP) yang andal, tepat, dan terkini.

Dengan menghadapi tantangan-tantangan ini secara langsung, sistem radar memastikan terpeliharanya kedaulatan wilayah udara, memberikan kesadaran situasional yang unggul secara konsisten.

Memanfaatkan pengalaman lapangan yang sukses selama bertahun-tahun, teknologi Gallium Nitride (GaN), dan kemampuan pengawasan tingkat lanjut, GM400α unggul dalam mendeteksi spektrum target, mulai dari jet cepat, rudal, hingga helikopter dan drone.

Sistem radar GM400α menawarkan keserbagunaan yang tak tertandingi. Selain itu, radar mempertahankan tingkat kinerja mobilitas dan ketersediaan tertinggi di pasar.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *