Jet tempur Su-35S Rusia hancurkan stasiun radar Ukraina di dekat Kupyansk

Su-35Istimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Sebuah jet tempur Su-35S milik Angkatan Dirgantara Rusia mendeteksi dan menghancurkan stasiun radar Ukraina di arah Kupyansk, kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah laporannya.

“Saat menjalankan misi patroli wilayah udara di zona operasi khusus militer, pilot mendeteksi emisi radar musuh di wilayah Kupyansk. Emisi radar dari target menghilang saat ia meluncurkan peluru kendali dari pesawatnya,” bunyi pernyataan tersebut dikutip TASS (12/11).

Su-35 merupakan salah satu jet tempur andalan Rusia dalam berperang melawan Ukraina sejak Februari 2022.

Terkait Su-35, pada awal Januari 2023 Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan akan meningkatkan jet tempur Su-35S menjadi Su-35SM.

Langkah ini diambil dalam upaya mengimbangi produksi Su-57 Felon dan peningkatan kebutuhan akan pesawat tempur garda terdepan.

Beberapa sumber Rusia mengatakan, proses peningkatan Su-35S telah berjalan. Diharapkan, pesawat varian baru ini nantinya akan memiliki beragam keunggulan yang tidak dimiliki saat ini.

Meski begitu, belum ada keterangan resmi dari perusahaan mengenai detail peningkatan kapabilitas si Super Flanker tersebut. Sejumlah fitur pun disebut-sebut akan mendapatkan pengganti.

Untuk menunjang pertempuran modern, radar Ibris-E yang saat ini digunakan pada Su-35S kabarnya akan diganti dengan radar AESA yang digunakan pada Su-57.

Radar AESA penting untuk meningkatkan penguasaan pertempuran udara modern yang semakin berkembang.

Dalam hal persenjataan, Su-35SM juga akan dilengkapi dengan rudal baru K-77M (Izdeliye 180) yang dilengkapi seeker radar AESA sendiri dan sirip yang dipangkas.

Rudal ini telah diuji coba pada Su-57 di mana rudal ditempatkan pada gantungan di bawah sayap.

K-77M mampu menjangkau jarak 400 km dengan membawa hulu ledak seberat 60 kg dan berkecepatan Mach 6.

-JDN-

One Reply to “Jet tempur Su-35S Rusia hancurkan stasiun radar Ukraina di dekat Kupyansk”

  1. Sayang sekali..
    Rencana TNI AU untuk memiliki sukhoi 35 ini ..
    Gagal …karena terlalu takut pada USA ?? dan sekutu lokal nya …
    Mungkin karena kita terlalu banyak hutang dan korupsi sehingga tidak berdaya…
    Menyedihkan sekali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *