Penjualan C295 ke India sangat moncer: Setelah 56 unit dibeli untuk Angkatan Udara India, kini 15 unit akan diakuisisi New Delhi untuk Angkatan Laut dan Penjaga Pantai

C295 Angkatan Udara India_IAFAirbus/IAF
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Airbus melalui Airbus Defence and Space meraih tambahan pembelian 15 unit pesawat C295 dari India. Sebelumnya, Airbus telah mendapatkan kontrak pembelian 56 unit C295 untuk Angkatan Udara India.

Lima belas pesawat tambahan yang akan dibeli, terdiri dari 9 C295 untuk Angkatan Laut India dan 6 C295 untuk Penjaga Pantai (Coast Guard) India.

Boeing_contoh2

Program ‘Make in India’ menjadi salah satu persyaratan yang dikeluarkan oleh Pemerintah India dalam pembelian pesawat maupun sistem persenjataan dari negara lain.

Untuk kontrak pembelian pertama sebanyak 56 C295, 16 pesawat dibuat di Spanyol dan 40 lainnya akan dibuat di India.

Demikian juga dengan pembelian pada kontrak kedua, sebanyak 15 C295 semuanya akan dibuat di India, menurut Kementerian Pertahanan India.

Rencana akuisisi 15 C295 tambahan, saat ini sedang masuk dalam tahap persetujuan di Kementerian Pertahanan India.

Pesawat angkut C295 yang dibeli India ini, akan diproduksi oleh usaha patungan antara Tata Advanced Systems dan Airbus.

Pesawat akan dimodifikasi menjadi versi Pesawat Patroli Maritim (MPA) yang dilengkapi dengan radar dan sensor. Modifikasi akan dilakukan oleh Pusat Sistem Lintas Udara (CABS) DRDO.

Sementara 40 + 15 pesawat CN295 akan diproduksi di fasilitas Tata di Vadodara, Gujarat.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *