Kombinasi maut sistem pertahanan udara S-400 dengan A-50 AEW&C siap ladeni F-16 Ukraina bila benar tiba

S-400 dan A-50 siap ladeni F-16 Ukraina_ Airspace ReviewMoD/RASS

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pemerintah Belanda baru saja mengirimkan lima pesawat tempur F-16-nya ke Rumania untuk melatih pilot Ukraina menerbangkan jet berjulukan Fighting Falcon tersebut.

Sementara itu, Polandia ditengarai telah mengirimkan sekitar lima sampai tujuh jet F-16 miliknya ke Ukraina melalui jalur darat menggunakan truk.

Nah, bila suatu saat, Angkatan Udara Ukraina benar-benar menerima dan mengoperasikan F-16 sumbangan negara-negara NATO tersebut, Militer Rusia sudah siap menyambutnya dalam pertempuran.

Saat ini Angkatan Udara Rusia memiliki jet tempur keunggulan udara generasi 4,5 dari keluarga Flanker yakni Su-30SM dan Su-35. Juga tersedia jet buru sergap kelas berat MiG-31.

Di luar itu, Angkatan Bersenjata Rusia juga akan mengombinasikan sistem peringatan dini dan kontrol udara Beriev A-50 AWACS dengan sistem rudal pertahanan udara jarak jauh S-400 Triumf miliknya.

Sebelumnya, kombinasi A-50 dan S-400 telah menuai keberhasilan dalam merontokkan jet tempur Su-27 dan MiG-29 milik Ukraina belum lama ini.

“Sistem pertahanan udara dilaporkan berperan penting dalam menjatuhkan dua pesawat Angkatan Udara Ukraina. Sebuah Su-27 di dekat Brigadovka di wilayah Kharkiv, dan sebuah MiG-29 di dekat Roskoshnoe di Republik Rakyat Donetsk yang memproklamirkan diri,” kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam pernyataan resmi pada 7 November 2023.

Disebutkan, pesawat Beriev A-50 berhasil memandu rudal dari sistem rudal antipesawat S-400 yang menyasar ke pesawat Ukraina yang naas tersebut dari jarak jauh.

Sebagai informasi, Sistem S-400 ini memiliki jangkauan tembak yang bervariatif tergantung varian rudal yang digunakannya.

Bila menggunakan rudal 40N6E jangkauannya hingga 380 km, lalu rudal 48N6(E) sejauh 150 km, dengan rudal 48N6M(E2) hingga 200 km, dan bila menggunakan rudal 48N6DM(E3) mencapai jarak 240 km.

Pilot-pilot Ukraina tentunya akan berlatih keras untuk menerbangkan jet tempur Barat dan memerlukan jam terbang yang cukup sebelum siap dilepas bertempur melawan Rusia yang memiliki sistem persenjataan penangkal yang mumpuni.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *