Iran sukses menguji drone kamikaze Sina dan Fateh buatan dalam negeri

Drone Kamikaze Iran_ airspace reviewFar News
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Darat Iran berhasil menguji dua drone kamikaze (amunisi berkeliaran) buatan dalam negeri yang dinamai Sina dan Fateh.

Kedua drone diuji melakukan serangkaian serangan presisi dalam latihan perang Eqtedar (Power) 1402, Tasnim melaporkan pada 28 Oktober 2023.

Yang menarik untuk dicermati, desain amunisi berkeliaran Sina tampaknya sangat mirip atau mungkin salinan dari Switchblade 300, drone kamikaze buatan Amerika Serikat.

Serupa dengan Switchblade 300, Sina dilengkapi dengan sayap kecil yang terletak di bagian depan dan belakang bawah badan pesawat.

Selama fase peluncuran dari peluncur tabung, sayap dikeluarkan membentang dan amunisi melaju digerakkan oleh motor listrik.

Jangkauan rudal bunuh diri Sina adalah sekitar 5 km, dan durasi penerbangannya 8 menit. Drone ini dapat menargetkan kumpulan unit infanteri dan kendaraan musuh.

Jenis hulu ledaknya adalah pecahan peluru EFP (Explosively Formed Penetrator), yang dapat dipandu secara manual dan otomatis.

Keberhasilan penyebaran senjata buatan dalam negeri selama latihan Eqtedar 1402 mengirimkan pesan kuat tentang semakin meningkatnya kemandirian Iran dalam teknologi pertahanan, khususnya pengembangan berbagai jenis drone.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *