Estonia borong 230 kendaraan lapis baja dari Turkiye

Arma dan NMSKermo Pastarus
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Estonia semakin memperkuat kemampuan pertahanannya dengan mengakuisisi 230 kendaraan lapis baja dari perusahaan Otokar dan Nurol Makina dari Turkiye.

Menteri Pertahanan Estonia Hanno Pevkur mengumumkan telah mengakuisisi pengangkut personel lapis baja Otokar 6X6 Arma dan kendaraan lapis baja ringan Nurol Makina NMS 4X4 senilai 200 juta euro atau setara 210 juta dolar AS.

Boeing_contoh2

Pengiriman kendaraan akan dimulai pada pertengahan tahun 2024 dan selesai tahun 2025.

Kontrak akuisisi ini resmi ditandatangani pada 18 Oktober 2023 di Estonia oleh Menteri Pertahanan Estonia dan Menteri Pertahanan Turkiye Jenderal Yaşar Güler.

Otokar Arma 6X6 adalah panser serbaguna yang dapat menampung 10 prajurit termasuk pengemudi dan komandannya.

Kendaraan berbobot 18,5 ton ini dibekali mesin turbodiesel berdaya 450 hp. Dapat melaju dengan kecepatan maksimum 105 km/jam dan jangkauan operasional sekitar 700 km.

Sementara NMS 4X4 merupakan kendaraan tempur jenis MRAP (Mine-Resistant Ambush Protected). Sanggup bertahan terhadap ledakan setara ledakan 6 kg TNT di bawah perut atau rodanya.

Kabinnya dapat memuat lima hingga sembilan prajurit termasuk pengemudi dan komandan.

Sebagai penggeraknya berupa mesin diesel bertenaga 300 hp. Mampu melaju dengan kecepatan maksimum 140 km/jam dan jangkauan operasi hingga 700 km.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *