Ukraina akan mendapatkan jet F-16 mulai musim semi tahun 2024

F-16 DenmarkMoD

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Ukraina akan mulai mendapatkan jet tempur F-16 mulai musim semi tahun 2024. Ini merupakan bagian dari program yang akan diberikan oleh negara-negara anggota NATO kepada Kyiv.

Hal itu terungkap dalam konferensi pers pada 11 Oktober usai pertemuan ke-16 Kelompok Kontak Pertahanan Ukraina (UDCG), yang terdiri dari 50 negara, seperti diberitakan Airforce Technology.

Kpada media, Menteri Pertahanan AS Lloyd J. Austin III mengatakan bahwa dibutuhkan waktu berbulan-bulan sebelum Ukraina menerima pesawat F-16 dan hal ini diperkirakan baru akan terjadi pada musim semi tahun depan.

AS akan menjadi yang terdepan dalam kelompok NATO dalam membantu memberikan kemampuan tempur udara ke Ukraina menyusul pengumuman bahwa mereka akan memimpin koalisi kemampuan angkatan udara, bersama dengan Denmark dan Belanda.

Sebelumnya, Denmark dan Belanda ditugaskan untuk memimpin upaya UDCG guna mengirimkan pesawat tempur F-16 ke Ukraina.

Kedua negara berkomitmen untuk menyediakan platform serta pelatihan. Norwegia juga berkomitmen pada beberapa penyediaan F-16.

AS sendiri tidak menyatakan komitmen untuk menyediakan F-16 dari inventarisnya sendiri, namun akan membantu memberikan pelatihan bagi pilot-pilot tempur Angkatan Udara Ukraina.

Saat ini Ukraina telah mendapatkan janji akan mendapatkan 42 F-16 dari Belanda dan Denmark.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *