Angkatan Bersenjata Kolombia mengoperasikan Hunter TR-12-23 MRAP versi baru

Hunter TR-12-23 MRAPErich Saumeth Cadavid
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Bersenjata Kolombia telah mengoperasikan kendaraan tahan ranjau baru Hunter TR-12-23 MRAP buatan Armor International. Namun tak disebutkan berapa jumlah kendaraan yang telah diakuisisi.

Sebelumnya, Angkatan Darat Kolombia telah mengoperasikan enam kendaraan Hunter TR-12 varian terdahulu. Dua yang pertama diperoleh pada tahun 2012 dan empat sisanya pada tahun 2018.

Boeing_contoh2

Kepolisian Kolombia juga mengoperasikan dua kendaraan model lama melalui unit GOES sejak tahun 2015.

Hunter TR-12-23 MRAP model baru dimaksudkan untuk digunakan oleh satuan pasukan khusus di lingkungan Tri Matra militer, termasuk juga Kepolisian Kolombia, seperti diwartakan InfoDefensa pada 28 Agustus 2023.

Unit-unit ini akan mengerahkan kendaraan untuk berbagai misi operasional di seluruh wilayah nasional, termasuk untuk melawan gembong narkoba.

Kendaraan lapis baja angkut personel (APC) ini dapat menampung delapan-sembilan prajurit termasuk pengemudinya.

Sebagai alat penggebuk lawan, di atap Hunter TR-12-23 dapat dipasangi senjata yang dioperasikan secara manual ataupun dikendalikan dari jarak jauh (RCWS).

Pilihan senjata yang dapat digunakan adalah senapan mesin Browning M2HQC QCB kaliber 12.7 mm, FN Herstal M249 kaliber 5.56 mm, atau peluncur granat General Dynamics MK19 kaliber 40 mm.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *