Pakistan segera terima heli serang WZ-10ME dari China

WZ-10ME
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pakistan dilaporkan akan segera menerima gelombang pertama helikopter serang WZ-10ME yang dipesannya dari China pada akhir 2023 ini.

Beredar foto di dunia maya, dimana WZ-10ME tersebut terlihat terbang. Kemungkinan sedang melakukan penerbangan uji dari kawasan pabrik Changhe Aircraft Industries Corporation (CAIC), sebelum dikirimkan ke Pakistan.

Boeing_contoh2

Seperti diketahui, Pakistan memilih WZ-10ME ini sebagai pengganti heli serang T129 ATAK buatan Turkish Aerospace Industries yang tak kunjung diterimanya.

Pada 2018, Pakistan telah menandatangani kesepakatan dengan Turkish Aerospace Industries untuk memasok 30 unit T129 ATAK, senilai 1,5 miliar dolar AS.

Kegagalan penjualan ini diakibatkan oleh embargo yang diberlakukan oleh Amerika Serikat atas penggunaan mesin LHTEC T800-4A untuk T129 ATAK.

Mesin turboshaft ini dikembangkan bersama oleh Rolls-Royce Inggris dan perusahaan Honeywell asal Amerika Serikat.

Dengan kenyataan ini, Pakistan akhirnya kembali melirik helikopter serang WZ-10ME, yang sebelumnya memang pernah ditawarkan kepada Angkatan Bersenjata Pakistan.

WZ-10ME merupakan heli serang canggih yang menjadi padanan bagi Mi-28 Rusia, AH-64 Amerika Serikat, dan Tigre Eropa Barat.

Heli menawarkan sistem penanggulangan aktif dan pasif, sistem peringatan rudal mendekat, RWR (radar warning receiver), infrared jammer, dan lFF interrogator baru.

Lalu nosel knalpot mesin juga baru untuk mengurangi jejak inframerah, mesin 1.200 kW yang lebih bertenaga, magasin amunisi yang lebih besar, serta appliqué graphene-based armor panels (AGBAP).

WZ-10ME memiliki kemampuan tempur siang-malam segala cuaca dan dapat membawa berbagai senjata seperti rudal udara ke darat, rudal udara ke udara, dan roket.

Heli berawak dua ini dapat diandalkan untuk menghancurkan benteng pertahanan musuh, target darat bergerak lapis baja, dan bertempur dengan helikopter musuh.

Sebagai tambahan informasi, Pakistan merupakan pelanggan asing pertama untuk heli serang WZ-10ME dan sebelumnya juga menjadi pelanggan asing pertama untuk jet tempur canggih generasi 4,5 Chengdu J-10CE.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *