Ukraina dapatkan Leopard 1A5 DK dari Jerman dan Denmark

Leopard 1A5 DKIstimewa

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com)- Tak hanya mendapatkan bantuan Tank Tempur Utama (MBT) canggih keluarga Leopard 2 dari negara NATO, Ukraina juga akan mendapatkan generasi lebih lawas Leopard 1.

Menteri Pertahanan Jerman Boris Pistorius pada 3 Juli menyatakan, Ukraina sedang bersiap menerima kedatangan lusinan tank Leopard 1A5 dalam waktu dekat.

Sebelumnya pada awal Februari 2023, pemerintah Denmark telah merencanakan untuk membeli 20 tank Leopard 1A5 DK untuk ditingkatkan oleh FFG sebelum dikirim ke Ukraina.

Pengiriman tank ini merupakan dukungan penting dari Jerman dan Denmark, sehingga meningkatkan kemampuan tempur militer Ukraina menghadapi Rusia.

Mengenai Leopard 1A5, varian tercanggih dari keluarga Leopard 1 ini mulai diperkenalkan pada 1980-an.

Denmark adalah salah satu penggunanya, disebut sebagai Leopard 1A5 DK yang telah dimodifikasi untuk memenuhi persyaratan operasional dan spesifikasi Denmark.

Dalam hal daya tembak, Leopard 1A5 DK dilengkapi dengan meriam smoothbore 105 mm, seperti varian Leopard 1 lainnya.

Senjata ini memberikan presisi yang sangat baik dan daya tembak yang efektif terhadap target darat.

Selain itu, Leopard 1A5 DK menampilkan sistem stabilisasi yang ditingkatkan yang memungkinkan penembakan akurat saat bergerak.

Mengenai perlindungan, Leopard 1A5 DK dilengkapi dengan lapis baja komposit yang menggabungkan berbagai material untuk memberikan ketahanan yang lebih baik terhadap proyektil musuh.

Elemen baju besi tambahan dapat ditambahkan untuk meningkatkan perlindungan, terutama terhadap senjata antitank modern.

Dalam hal elektronik, Leopard 1A5 DK dilengkapi dengan sistem deteksi canggih dan arsitektur komunikasi yang ditingkatkan. Memungkinkan kesadaran situasional yang lebih baik dan koordinasi yang efektif dengan elemen lain di medan perang.

Leopard 1A5 DK juga mengalami peningkatan mobilitas, didukung oleh mesin diesel lebih kuat yang memberikan kecepatan dan kemampuan manuver sangat baik.

Sistem suspensinya juga telah disesuaikan untuk memastikan stabilitas dan performa yang lebih baik di berbagai jenis medan.

Meskipun dari generasi lawas, namun Leopard 1A5 masih dapat diandalkan di perang modern saat ini.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *