AD Kanada menguji Polaris MRZR 4X4 yang dipersenjatai rudal antitank TOW

Polaris MRZR 4X4Canadian Mechanized BG

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dalam sebuah latihan militer bertajuk LETHAL WEAPON, anggota Batalyon ke-3 Resimen Kerajaan Kanada, memamerkan kendaraan Polaris MRZR 4×4 yang dilengkapi dengan peluncur rudal berpemandu antitank TOW.

Latihan ini diadakan di Petawawa, Ontario, Kanada yang berlangsung pada 31 Mei 2023 lalu.

MRZR 4X4 adalah jenis ATV (All-Terrain Vehicle) yang diproduksi oleh Polaris Defense, Amerika Serikat. Kendaraan ini terkenal dengan kelincahan, kebandelan, dan keserbagunaannya.

Dibekali dengan sebuah rudal antitank TOW di atas rangka atapnya, menjadikannya sebagai pemburu tank dan kendaraan tempur lainnya yang berbahaya.

Dalam misinya, MRZR 4X4 dapat menampung hingga empat prajurit, dengan dua kursi di depan dan dua di tengah dan area kargo di belakang untuk mengangkut peralatan dan perbekalan hingga 680 kg.

Memiliki dimensi yang kompak, dengan panjang 3,55 m, lebar 1,51 m, dan tinggi 1,87 m, MRZR 4X4 sangat cocok untuk bermanuver di lingkungan yang sempit.

Sementara untuk TOW (Tube-launched, Optically-tracked, Wire-guided) merupakan sistem senjata antilapis baja kelas berat yang dirancang tahun 1960-an oleh Hughes Aircraft (kini diproduksi oleh Raytheon).

TOW terdiri dari peluncur dan rudal yang dapat digunakan secara efektif di segala kondisi cuaca untuk menyerang tank, kendaraan lapis baja lainnya, dan berbagai titik target seperti bunker.

Memiliki spesifikasi panjang 1,1 m dengan probe dilipat dan 1,5 m dengan probe diperluas. Diameter rudal 15,2 cm dengan berat hulu ledak 4-6 kg.

Jangkauan versi operasional standar sejauh 3 km dan varian terbaru hingga 3,75 km dengan kecepatan meluncur maksimum 278–320 m/detik.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *